KPU Sulbar Klaim Coklit Pilkada Capai 95 Persen

Ilu
Coffee Night KPU Sulbar bersama Awak Media. Foto: Lukman Rahim

MAMUJU, iNewsMamuju.id - KPU Sulbar mengklaim proses pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih telah mencapai 95.58 persen per tanggal 11 Juli 2024, pukul 22.45 Wita. 

 Anggota KPU Provinsi Sulawesi Barat Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Asriani mengatakan, kabupaten yang masih banyak data pemilih belum Coklit terdapat di Kabupaten Mamuju, Pasangkayu dan Mamuju Tengah. Tiga Kabupaten lainnya yaitu Mamasa, Majene dan Polman hampir rampung. 

"Target kami, secara keseluruhan tingkat Provinsi dapat selesai 100 persen di Minggu ketiga, di mana kami harus update laporan ke KPU RI paling lambat sampai tanggal 17 Juli 2024," katanya Jumat (12/7/2024).

Masa Coklit akan berakhir pada tanggal 24 Juli 2024. "Jadi jika rampung 100 persen di Sulbar sampai tanggal 17 Juli, maka mulai tanggal 18 sampai dengan 24 Juli hanya finising laporan hasil Coklit oleh Pantarlih, untuk selanjutnya diserahkan ke PPS,"ungkap Asriani.

Asriani menyampaikan, dalam proses Coklit, tidak ada kendala yang signifikan. Meskipun terkadang dalam proses sinkronisasi data pemilih yang telah Coklit di Aplikasi e-coklit di HP Android Pantarli kadang keluar masuk aplikasi. Akan tetapi senantiasa dilakukan upaya pendampingan dan pembekalan sebelum turun mencoklit oleh PPS dan PPK. Termasuk memberikan perlakuan solutif di lapangan oleh KPU Kabupaten dan KPU Provinsi melalui PPK dan PPS.

Sementara itu Kata KPU Sulbar Said Usman menuturkan, proses Coklit yang terbilang cepat merupakan gambaran dari kerjasama yang baik seluruh petugas penyelenggara. 

"Ini terbilang cepat karena jadwalnya sampai tanggal 24 tapi Alhamdulillah dengan progres gerakan teman-teman PPK yang mensupport PPS untuk turun langsung ke lapangan menemani pantarlih Alhamdulillah kita sudah mendapatkan diangka itu," tuturnya saat coffee night bersama media di Ruang Rindu, Mamuju. 

 

Berdasarkan data yang diterima KPU Provinsi Sulbar untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, progres Coklit di tiap kabupaten sebagai berikut.

Kabupaten Pasangkayu 91,31 persen, Kabupaten Mamuju 91,08 persen, Kabupaten Mamasa 96,04 persen, Kabupaten Polewali Mandar 99,64 persen, Kabupaten Majene 98,37 persen, Kabupaten Mamuju Tengah 91,58 persen.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network