Bahtiar Temui Pengusaha Perikanan di Kalukku, Komitmen Bantu Tingkatkan Produksi

Ilu
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin saat berdiskusi dengan pengusaha perikanan di Kalukku. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin mengunjungi tambak perikanan seluas 5 hektar milik Hardu di Desa Pokkan, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sabtu (14/9/2024). 

Kunjungan ini merupakan titik ketiga dari rangkaian kunjungan kerja Pj Bahtiar untuk memantau dan mendukung sektor perikanan di wilayahnya.

Tambak perikanan tersebut menunjukkan potensi yang menjanjikan untuk dikembangkan lebih lanjut. Namun, saat ini tambak tersebut mengalami kekurangan ikan yang menghambat produktivitasnya. Selama kunjungannya, Pj Bahtiar berdiskusi dengan pengelola tambak mengenai tantangan yang dihadapi dan memperkenalkan berbagai skema program yang dirancang untuk meningkatkan produksi perikanan di daerah tersebut.

"Saya konsen betul bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena uang kita terbatas waktu kita terbatas, uang kecil ini kita fokuskan saja hal hal yang menyentuh langsung masyarakat paling bawah, yaitu yang sebagian masyarkat sulbar 90 persn itu hidupnya di tiga sektor itu; bertani, berkebun, betenak, dan usaha bidang perikanan. Ini sektor yang mudah kita sentuh dengan modal tidak terlalu besar tetapi kita pastikan produsk bisa kita tingkatkan," tutur

Pj Bahtiar mengatakan, aktivitasnya di Sulbar memang lebih banyak terjun ke lapangan melihat langsung kondisi usaha masarakat di empat sektor tersebut. Bahtiar juga berdisuksi langsung dengan petani-nelayan saat berada di lapangan, tujuannya agar apa yang disiapkan pemerintah itu merupakan aspirasi dari masyarakat. 

Misalnya pada kunjungan di tiga titik, pertama melihat kondisi UPTD peternakan dinas DTPHP Sulbar. Kedua ke Kelompok Tani di Desa Salubarana Kecamatan Sampaga. Bahtiar menjelaskan, baik pemerintah maupun masyarakat harus bersama sama kita persiapkan untuk membangun ekosistem bisnis peranian, peternakan dan perikanan. Titik ketiga di tempat usaha perikanan milik pak Hardu. Di tiga titik ini Pj Bahtiar mengedukasi berbagai skema program yang bertujuan meningkatkan produksi masyarakat. 

"Dengan banyak turun kelapangan sepeti ini saya akan mengerti langsung keadaan lapangannya. Jadi kalau ada yang berpendapat berbeda nanti kita tinggal tanya kamu mengatas namakan masyarakat siapa , ini petaninya langsung udah ngomong-nelayannya ngomong. Jadi kalau ada pendapat yang berbeda, kita tanya aja langsung. Kamu mewakili masyarakat siapa, karena masyarakat yang saya temui langsung itu aspirasinya. Aspirasinya dibantu pemda dengan berbagai skema program," tutup Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network