Keamanan Ditingkatkan, Lapas Mamasa Digeledah Secara Menyeluruh

Ilu
Petugas melakukan penggeledahan kamar Lapas Mamasa. Foto: Ist

MAMASA, iNewsMamuju.id - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Mamasa melaksanakan kegiatan penggeledahan blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada hari Rabu, (2/10/2024). 

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WITA dan berlangsung hingga selesai dengan tujuan untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Mamasa tetap terkendali. 

Penggeledahan dipimpin langsung oleh Kasubsi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) bersama staf, yang melakukan pemeriksaan acak di beberapa kamar hunian WBP. Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, kegiatan ini dilakukan secara humanis, dengan mengedepankan pendekatan persuasif kepada para warga binaan.

“Tujuan dari penggeledahan ini adalah untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, serta sebagai langkah deteksi dini dalam mengantisipasi potensi gangguan yang mungkin muncul” ucap Hastono selaku Kalapas Mamasa. 

Dalam kegiatan tersebut, Kasubsi Kamtib juga memberikan arahan kepada warga binaan untuk menjaga kebersihan blok dan kamar sebagai tanggung jawab bersama, demi menciptakan lingkungan Lapas Mamasa yang bersih dan nyaman. 

Sejumlah barang-barang yang ditemukan dalam penggeledahan tersebut akan disita dan dimusnahkan dalam acara pemusnahan barang-barang sitaan yang rutin dilakukan oleh Lapas Kelas III Mamasa. 

Kegiatan penggeledahan ini berjalan dengan aman dan lancar tanpa hambatan. 

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, pamuji Raharja, mendukung pelaksanaan penggeledahan ruti ini, sebagai upaya menjaga kondusifitas Lapas Mamasa. 

“Kegiatan penggeledahan ini menjadi bagian dari upaya rutin untuk memastikan bahwa Lapas Kelas III Mamasa selalu dalam kondisi aman dan tertib, sekaligus sebagai pengawasan terhadap aktivitas warga binaan agar tetap sesuai aturan yang berlaku” ucap salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Supratman itu 

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network