get app
inews
Aa Read Next : SDK Soroti Dugaan Manipulasi Data C1 di Mamuju Tengah

Hasil Laut Mamuju Melimpah, SDK Dorong Inovasi Produk Perikanan

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 10:26 WIB
header img
Anggota DPR RI Komisi IV Suhardi Duka dalam bimbingan teknis mutu dan nilai tambah produk di Hatel Malaqbi, Mamuju.(Foto: iNewsMamuju.id/Lukman Rahim)

MAMUJU, iNewsMamuju.id  - Hasil laut Kabupaten Mamuju cukup melimpah dengan luas wilayah tangkapan 13.331 Hektare, produksi mencapai 52.924 ton per tahun. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mamuju Dahlan menuturkan, dari hasil produksi tersebut tidak semua dipasarkan dalam bentuk segar.

"Ada beberapa yang dipasarkan dalam bentuk olahan," kata Dahlan dalam kegiatan bimbingan teknis mutu dan nilai tambah produk di Hatel Malaqbi, Mamuju. Jumat (14/10/2022). 

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IV Suhardi Duka mengakui, hasil laut di Mamuju sangat besar, bahkan terkadang mengalami kelebihan pasokan, olehnya itu ia mengajak masyarakat, terkhusus bagi pelaku usaha untuk selalu berinovasi agar pengelolaan ikan mempunyai nilai tambah. 

"Harus dicoba, ini kamu akan dikasih pengetahuan bagaimana mengelola hasil produk perikanan, bukan hanya ikan, tapi juga rumput laut, kerang-kerang," kata SDK.

Di kesempatan itu, SDK berharap, peserta menemukan referensi untuk mengembangkan pengelolaan hasil laut, apalagi, saat ini tidak sulit untuk mengembangkan usaha dibidang pengelolaan hasil laut. 

"Setelah tahu kita akan kasih kamu fasilitas, apakah fasilitas modal ataukah fasilitas peralatan," ungkap SDK.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut