get app
inews
Aa Read Next : Bhayangkari Sulbar Gelar Lomba Kreasi Wastra dan MC dalam Rangka HUT Bhayangkari ke-72

Warga Kalumpang Mamuju Tulis Surat Terbuka Untuk Ivan Gunawan, Ini Suratnya

Senin, 31 Oktober 2022 | 04:25 WIB
header img
Foto: Screenshot Akun Instagram @ivan_Gunawan

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Melalui akun instagram @ivan_gunawan, perancang busana, Ivan Gunawan (Igun) pada ajang female on the move atau Femme yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2016 silam, memosting hasil  karyanya yang tampak mirip motif kain tenun ikat Sekomandi dari Kalumpang.

Mengusung budaya lokal dengan tema Rambu Solo' (pesta kematian di Toraja), diyakini kain tenun Toraja, Ivan mendesain busana yang kental dengan budaya daerah lokal Sulawesi.

Menanggapi hal itu, salah seorang warga net melalui akun Facebook @Herman Eman, menulis surat terbuka yang ditujukan kepada Ivan Gunawan. 

Dalam surat terbuka yang dipublikasikan melalui media sosial Facebook pada Minggu (30/10/2022), Herman Eman yang diketahui adalah warga Kecamatan Kalumpang menjelaskan bahwa asal - usul kain tenun Sekomandi itu dari Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bukan dari Toraja. 

Lalu seperti apa surat terbuka warga Kalumpang tersebut?

Berikut isi suratnya:

Kepada Yth,
Mas Ivan Gunawan 
atau
Admin,Mas Ivan Gunawan.
Designer Nasional Indonesia.
Dengan segala hormat.

Melalui surat terbuka ini.
Saya, salah  satu Generasi Kalumpang. Ingin meluruskan, tentang asal usul Kain Tenun Ikat Sekomandi.

SEKOMANDI adalah, Kain tenun Ikat yang asal Aslinya dari:
Kecamatan Kalumpang.
Kabupaten Mamuju.
Provinsi Sulawesi Barat.

Bukan asal asli dari Kabupaten Tanah Toraja-Provinsi Sulawesi Selatan.
Ini harus kami luruskan, agar tidak menjadi rancu dan salah  bagi yang belum mengetahui.

Memang, Sekomandi banyak di jual di Tanah Toraja. Karena hasil tenun warga Kalumpang, banyak yang di bawa ke Tanah Toraja dan Bali.
Karena daerah  Tanah Toraja dan Bali banyak Turis Asing, yang minat membeli kain Tenun Indonesia termasuk Sekomandi.

Bahkan di Tanah Toraja saat ini, ada yang membuat Kain tenun Sekomandi, tetapi yang membuat itu adalah orang dari Kalumpang untuk mendekati daerah pemasaran Kain Tenun Sekomandi.

Ada beberapa Budaya, yang tidak bisa di lepaskan dari KAIN  SEKOMANDI, karena merupakan satu kesatuan dari Budaya Leluhur Kalumpang.
- Babu, Bei ( Baju Bei )
- Tari Sayo ( Tarian Adat )
- Banua Busun/ Batang ( Rumah Adat )

dan masih banyak lagi, Budaya yg tidak bisa di lepaskan dari Sekomandi.
Dalam surat terbuka ini, saya tampilkan beberapa poto dan Video Budaya Asli Kalumpang yg tak terpisahkan dari SEKOMANDI.

Saya, meluruskan karena mas Ivan Gunawan adalah seorang Desaigner kondang Indonesia, seorang Selebrity papan atas di Tanah Air yg memiliki Follower yang sangat banyak. Agar mas Ivan Gunawan bisa, menjelaskan kepada Followernya bahwa Sekomandi adalah asal aslinya dari Kalumpang.

Saya, ingin sekali bila ada waktu dan kesempatan mas Ivan Gunawan, datang berkunjung ke Mamuju-Sulbar dan bila ada waktu langsung ke Kalumpang untuk mengunjungi langsung daerah asal asli kain Tenun ikat Sekomandi.

semoga surat terbuka ini, menjadi pertimbangan mas Ivan Gunawan untuk segera berkunjung ke Mamuju- Sulbar dan bila bisa langsung ke Kalumpang.
terima kasih

...to Kalumpang

Hingga berita ini ditulis, surat terbuka itu sudah mendapat 154 like dari pengguna facebook dan telah dibagikan sebanyak 68 kali, serta 192 komentar.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut