get app
inews
Aa Read Next : Bahlil Lahadalia Resmi Menjadi Ketua Umum Partai Golkar

Elektabilitas Naik, Airlangga Masuk Top of Mind Capres 2024

Jum'at, 04 November 2022 | 12:09 WIB
header img
Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Ist)

JAKARTA, iNewsMamuju.id -- Diagram Politik merilis hasil survei mengenai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Hasilnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto masuk dalam Top of Mind capres 2024.

Dalam survei itu, jika Pilpres digelar hari ini, Airlangga Hartarto masuk dalam pilihan prioritas. Nama Airlangga dipilih spontan oleh masyarakat tanpa alat bantu.
Responden dalam survei mengenal Airlangga tak hanya sebagai ketua umum parpol, tapi juga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, serta Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Ketua Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selain itu, Airlangga Hartarto punya peranan penting dalam Presidensi G20 Indonesia, yang akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada pertengahan November 2022.

"Meski tidak banyak melakukan manuver dan sosialisasi, seperti pemasangan alat peraga kampanye belakangan ini, namun karena posisi Airlangga sebagai menteri, tentu publik lebih mengenal dan menilai kinerjanya, dibandingkan AHY yang hanya ketua parpol," ujar Direktur Eksekutif Diagram Politik Indonesia, Nastain Muhamad, Jumat (4/11/2022).

Airlangga dianggap memiliki potensi yang cukup besar untuk terus meningkatkan elektabilitas. Karena itu, Airlangga berpeluang jadi capres potensial dari Golkar.

"Kerja-kerja politik yang dilakukan secara masif akan sangat berdampak pada kenaikan elektabilitas Airlangga," ucap Nastain.

Diketahui, Diagram Politik menggelar survei pada 25 September – 20 Oktober 2022. Jika pilpres dilaksanakan, nama Airlangga Hartarto dipilih sebanyak 4% responden. Elektabilitas Airlangga terus naik pada simulasi 10 nama calon presiden dengan skor 6,2 persen.

Airlangga masuk lima besar Top of Mind, yakni jawaban spontan responden tanpa alat bantu, dengan tingkat keterpilihan 4,2%.

Survei Diagram Politik mengambil sampel tersebar secara proporsional di 34 provinsi dengan 1.200 responden.

Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden yang dipilih menggunakan multistage random sampling (metode acak bertingkat). Margin of error survei ini kurang lebihnya 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 93 persen.

Sebagaimana diketahui, belakangan elektabilitas Airlangga terus meningkat. Hal ini membuat Presiden Joko Widodo menyebut Airlangga sebagai calon pemimpin Indonesia di masa depan, pemimpin dengan jam terbang tinggi.

Jokowi menyampaikan pujian itu dalam sambutan saat HUT ke-58 Partai Golkar pekan lalu di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut