get app
inews
Aa Read Next : Massa Aksi Kecewa, Ketua Bawaslu Sulbar Dinilai Cari Aman

Bawaslu Minta KPU Perbaiki Verifikasi Administrasi, Usai 4 Partai Menang Sengketa Pemilu

Jum'at, 04 November 2022 | 21:35 WIB
header img
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.(Foto/dok.SINDOnews)

JAKARTA, iNewsMamuju.id - Sebanyak empat partai yang menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) lantaran tak lolos menjadi peserta Pemilu 2024 pada tahap verifikasi administrasi berhasil menang. 

Keempatnya tersebut yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Republik Prima dan Parsindo yang menggugat soal sengketa Pemilu Kemenangan mereka diputuskan oleh sidang putusan gugatan tersebut di kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Jakarta Pusat, Jumat, (4/11/2022).

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja yang memimpin sidang putusan mengatakan berdasarkan fakta-fakta, pihaknya memutuskan untuk mengambul pemohon empat partai tersebut sebagian. "Meminta agar terlapor (KPU RI) membatalkan berita acara KPU Nomor 213/PL.01.1-BA/05/2022 tentang rekapitulasi hasil verifikasi administrasi parpol calon peserta pemilu tanggal 13 Oktober 2022," ujarnya dalam sidang.

Diketahui, empat partai tersebut mengeluhkan kesulitan mengakses Sistem Informasi Politik (Sipol). Lantaran hal tersebut, empat partai itu telat mengunggah dokumen persyaratan calon peserta Pemilu 2024 sehingga mereka gagal di tahap verifikasi administrasi. 
"Memerintahkan termohon (KPU) agar memberikan kesempatan kepada pemohon (PKPI) untuk melakukan penyampaian dokumen persyaratan perbaikan selama 1x24 jam," kata Bagja. 

Bagja memerintahkan KPU RI untuk memberitahukan kepada empat partai mengenai kesempatan perbaikan selambat-lambatnya 1x24 jam sebelum pelaksanaan perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan parpol peserta pemilu dimulai. 

"Memerintahkan kepada termohon untuk melakukan verifikasi administrasi perbaikan terhadap dokumen persyaratan perbaikan yang diajukan pemohon," katanya. 

Kemudian, memerintahkan termohon untuk menerbitkan berita acara rekapitulasi hasil verifikasi administrasi Parpol calon peserta Pemilu sesuai dengan hasil verifikasi administrasi perbaikan. 

"Memerintahkan termohon untuk melaksanakan putusan ini paling lama tiga hari kerja sejak putusan ini dibacakan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 4 Partai Menang Sengketa Pemilu, Bawaslu Minta KPU Perbaiki Verifikasi Administrasi  ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/4-partai-menang-sengketa-pemilu-bawaslu-minta-kpu-perbaiki-verifikasi-administrasi.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut