get app
inews
Aa Read Next : Libatkan Anak Didik, LPKA Mamuju - Basarnas Simulasi Tanggap Bencana

Mati Mesin di Perairan Sumare, Basarnas Mamuju Cari Puluhan Penumpang KM DIA

Rabu, 23 November 2022 | 22:55 WIB
header img
Basarnas Mamuju tengah persiapan melakukan pencarian KM Dia

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Satu unit kapal dilaporkan mengalami mati mesin di Perairan Sumare  Kecamatan Simboro  Kabupaten Mamuju  Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). 

Sebanyak 30 penumpang kapal itu kini masih dicari oleh Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju.  

Kepala Basarnas Mamuju, Muhamad Arif mengatakan pihaknya menerima informasi kejadian tersebut pada pukul pukul 19.20  WITA.

"Kami menerima informasi dari Bapak Ridwan (Penumpang Kapal) yang melaporkan pada pukul 19.00 WITA telah terjadi kecelakaan kapal, yakni KM  DIA, mengalami mati mesin di perairan Sumare dengan 30 orang penumpang," ungkap Arif dalam keterangan tertulisnya diterima di Mamuju. Rabu (23/11/2022).

Setelah menerima laporan tersebut, pihaknya kemudian memberangkatkan Tim Rescue Kansar Mamuju guna melaksanakan operasi penyelamatan. 

Dia mengatakan tim berangkat pada pukul 19.35 WITA menuju lokasi kejadian kecelakaan dengan menggunakan KN SAR Parikesit.

“Jarak tempuh dari pelabuhan Belang-belang dengan lokasi kecelakaan sekitar 36.9 NM," sambung Arif.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Lanal, Polresta, DISHUB, BPBD Mamuju, aparat Desa setempat dan masyarakat serta pihak keluarga.

sebelumnya, pukul 15.30 WITA kapal kayu berwarna putih ini berangkat dermaga Mamuju menuju Pulau Bala-Balakang, namun mati mesin pukul 17.30 wita

Kapal tersebut bermuatan 30 orang penumpang, namun ditengah perjalanan di perairan Sumare' kapal mengalami kerusakan pada mesin pada pukul 17: 30 WITA dan mengakibatkan tidak dapat melanjutkan perjalanan.

"Demikian, perkembangan selanjutnya akan kami sampaikan menyusul," tutupnya.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut