get app
inews
Aa Read Next : Judi Sabung Ayam di Desa Beru-beru Kalukku Mamuju Meresahkan Warga

Pengguna Jalan Keluhkan Bau Busuk Tumpukan Sampah di Bahu Jalan Puncak Lekbeng Kalukku

Senin, 02 Januari 2023 | 13:24 WIB
header img
Sampah yang berserakan menimbulkan bau busuk mengganggu pengguna jalan. Foto: iNewsMamuju.id/Gemic

MAMUJU, iNewsMamuju.idPengguna jalan harus tutup hidung saat melintas di wilayah Kelurahan Kalukku, tepatnya arah ke Desa Sondoang sebelum puncak Lekbeng, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Pasalnya, tumpukan sampah yang beserakan disitu menimbulkan bau busuk, sangat mengganggu pengguna jalan, terutama yang menuju Desa Sondoang, Mamasa dan Kalumpang, Bonehau. 

Sunarto, salah satu pengguna jalan mengatakan, bahu jalan tersebut sudah lama dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga.

Walaupun, di lokasi tersebut sudah terpasang himbauan untuk tidak membuang sampah di bahu jalan itu, bahkan menurutnya, sudah pernah digusur oleh alat dari Dinas PU. Namun, tetap saja tidak diindahkan oleh warga.

“Kami menduga yang buang sampah ke bahu jalan itu bukan warga Sondoang. Apakah warga melintas yang singgah membuang sampahnya atau warga sekitar, kita tidak tau persis, yang pasti bau busuk,” tuturnya. Senin (2/1/2022).

Dia berharap kepada pemerintah agar bertindak tegas apabila ada warga yang kedapatan membuang sampahnya di tempat itu.

“Baiknya pemerintah harus tindak tegas kalau ada warga yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Panggil dia, kenakan denda. Jangan dibiarkan,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Kalukku Alimuddin menjelaskan, di wilayah kelurahan sudah ada petugas khusus kebersihan yang menangani sampah. Baik itu sampah pasar maupun sampah rumah tangga dengan iuran Rp 30 ribu per bulannya. 

"Jadi, yang ada sampahnya dijemput. Tapi, karena mungkin tidak mau membayar sehingga membuang sampahnya di sini dan juga tidak ketahuan siapa orangnya," ujar Alimuddin.

Selain menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, Ia juga berharap digelar duduk bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mamuju, guna mencari solusi terkait persoalan ini. Termasuk penambahan armada angkutan sampah dan petugasnya.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut