get app
inews
Aa
Read Next : Tunggu Mandat Masyarakat, Yudiaman Firusdi Siap Maju Pilkada Mamuju

Spektakuler! Detik-detik Ibu Muda Lahiran di Mobil Dibantu Bidan, Bayi Lahir Selamat

Sabtu, 07 Januari 2023 | 22:33 WIB
header img
Bayi mungil yang baruu saja di lahirkan. Foto: Facebook @Dewi Sundari

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Seorang ibu muda di Desa Hinua, Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terpaksa harus melahirkan bayinya di dalam mobil. Rabu (4/1/2023) lalu.

Proses ibu melahirkan bayi di dalam mobil itu karena darurat saat perjalanan menuju ke rumah sakit.

Beruntung, di dalam mobil ibu itu didampingi dua orang bidan. Alhasil proses persalinan darurat di dalam mobil itu pun berjalan lancar.

Kisah mereka saat menolong persalinan seorang ibu melahirkan di Mobil diunggah akun Facebook @Dewi Sundari yang tak lain merupakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas), Dinkes Kabupaten Mamuju pada 5/1/ 2022 dan menjadi viral.

Berikut isi postingan @Dewi Sundari :
Dengan perjuangan selama lebih kurang 9 bulan lamanya, tentunya membuat setiap ibu akan merasa sangat antusias menyambut buah hati mereka.
Setiap ibu selalu ingin melahirkan anaknya di tempat yang nyaman dan terjamin, namun ada beberapa kasus ibu terpaksa melahirkan di luar dugaan.

Kisah HARU mengiringi Monev ke puskesmas hari ini

Nemu ibu muda yang harus lahiran diatas mobil saat perjalanan menuju PKM, lahiran anak pertama, Tanpa didampingi suami karena harus cari nafkah di luar kota, tanpa didampingi orangtua krn kondisi kurang sehat.

Syukurnya..
Dapat Ibu bidan handal n cekatan DAN
Pemkab Mamuju UHC alias semua masyarakatnya dijamin BPJS ..tentu ini sangat menolong ibu muda ini..

Selamat datang ke dunia.. nak cantik Selamat juga untuk ibunya yang telah berjuang melahirkan..anda salah satu ibu yg hebat 

Menanggapi hal tersebut akun Facebook @Mardian Basir, yang ketahui salah satu bidan yang mendampingi persalinan itu.

"Makasih ibu tlah mngabdikan moment ni, sya sbga bidan yg bwa psien ni sngat twrhru jga sudah bisa xlamati. Ibu n anak skaligus sy bagga dgn profesiku," tulisnya.

Pada kolom komentar yang sama @Dewi Sundari membalas dengan nada Doa.

"Mardian Basir Masya Allah berkat ketulusan ta bekerja ini bu bidan dan tentunya bantuan dari doa2 yg ada disekitar kita..sukses ki selalu bu bidan..semoga jasa2 ta di nilai ibadah oleh Allah SWT," balas @Dewi Sundari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, awalnya pasien datang di Puskesmas ingin melahirkan, namun saat Bidan mau melakukan pertolongan persalinan ternyata posisi kaki bayi berada di bagian bawah jalan lahir, sehingga Dokter dan Bidan mengambil tindakan secepatnya dengan melakukan rujukan ke salah satu Rumah Sakit di kota Mamuju.

Namun, dalam perjalanan saat berada di wilayah kerja Puskesmas keang ternyata bayi sudah sangat ingin melihat dunia dan orang tuanya, dan akhirnya sang ibu pun melahirkan di mobil. Sehingga, Bidan Mardian Basir dan Yunita  yang saat itu mendampingi rujukan persalinan berinisiatif singgah di Puskesmas Keang, Kecamatan Kalukku.

Atas inisiatif kedua Bidan pendamping, proses persalinan ibu muda yang belakangan diketahui bernama Febriana (19) melahirkan anak pertamanya dengan berat badan 2800 gram, mendapat pertolongan yang layak. Ibu dan anak selamat.

Aksi heroik Bidan Mardiana Basir dan Yuni  banyak mendapat apresiasi dari warganet.

"Terima kasih untuk seluruh bidan di puskesmas hinua dan keang yang selalu berjuang demi memberikan pelayanan terbaik untuk ibu dan bayi," tutur @Puskesmas Hinua dalam postingannya.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut