get app
inews
Aa Read Next : Sekprov Sulbar Terima Penghargaan dari BKKBN RI

Sawit Masih Merajai Komoditas Ekpor Sulbar

Kamis, 16 Februari 2023 | 09:02 WIB
header img
Kepala Dinas Daperinkop UKM Sulbar, Andi Bau Akram Dai. Foto: Nur Mubarak

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Komoditas sawit dan turunannya masih menjadi andalan Sulbar untuk menembus pasar ekspor.

Kepala Dinas Daperinkop UKM Sulbar, Andi Bau Akram Dai, menyebutkan diawal tahun ini pihaknya sudah melakukan ekspor 29 komoditi.

Hal ini disampaikan pada kegiatan penyuluhan hukum peningkatan literasi usaha mikro dan kecil terhadap perseorangan, perpajakan dan perjanjian kontrak yang digelar di Hotel Pantai Indah, Kota Mamuju. Rabu (15/2/2023).

"Alhamdulillah sekarang di 2023, banyak, ada kurang lebih 29 ekspor yang ada di Sulbar, tapi memang 90 % di antaranya itu ekspor kelapa sawit dan turunannya, selebihnya itu beberapa komoditas ekspor prioritas yang ada di Sulbar, termasuk kakako, kopi, ada juga sapu lidi terus ada juga briket. Ada beberapa ekspor lainnya ini kita mencoba mendorong itu," sebut Andi Bau Akram Dai.

Sementara Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas Daperinkop UKM, menurutnya, itu sebuah langkah awal guna mendorong UMKM yang ada di Provinsi Sulbar ini.

"Saya kira kalau melihat perkembangan Umkm Sulbar luar biasa, kita akui, apresiasi karena kita terkoreksi 2 tahun terakhir ini, oleh pandemi termasuk juga bencana alam, tetapi saya lihat komitmen kawan-kawan itu termasuk yang hadir hadir hari ini bagus sekali dan ekosistemnya harua di pertahankan dan pekerjaan kita memang ingin mendorong Umkm sebanyak mungkin karena itulah tulang punggung masyarakat kita di Sulbar, kita tidak punya industri besar, perusahaan raksasa disini sama dengan provinsi lain yang bisa menggerakkan itu hanya Umkm, Karena itu kita harus mendorong," tutupnya.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut