get app
inews
Aa Read Next : Zudan Ungkap Kesan Selama Jadi Pejabat Gubernur Sulbar: Tidak Pernah Sakit

Makin Indah, Yuk Nikmati Sensasi Baru Berwisata di Pulau Karampuang

Senin, 01 Mei 2023 | 19:16 WIB
header img
Pulau Karampuang kini makin indah. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menggelontorkan anggaran pengembangan Pulau Karampuang sebesar Rp 2 miliar untuk menghadirkan hal baru demi kenyamanan berwisata di Pulau Karampuang. 

Pulau yang berada di depan Kota Mamuju ini kini lebih tertata rapi dan makin indah. Dijamin bikin liburanmu kian berwarna. 

Disana, pemerintah telah membangun kawasan baru yang dinamai Plaza Karampuang. Terletak di Dusun Ujung Bulo, Desa Karampuang.

Meski Pulau Karampuang memang sudah lama dikenal. Namun balum maksimal dan melalui gagasan Pj Gubernur Sulbar membuat terobosan untuk penguatan dan pengembangan destinasi wisata lewat pembangunan Plaza Karampuang, agar pulau ini lebih terkenal sebagai wisata bahari andalan Sulbar 

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Sulbar Imelda Adhi Yanty mengatakan, masih banyak wisatawan atau masyarakat yang belum tahu bila kini banyak hal baru di Pulau Karampuang.

Karena itu, Imelda mengajak wisatawan atau masyarakat untuk berkunjung dan menikmati sensasi baru berwisata di Pulau Karampuang.

“Plaza Karampuang dibangun dalam tiga bulan terakhir. Leading sektornya adalah PUPR,” kata Imelda. Senin (1/5/2023). 

Salah satu yang paling ikonic di Pulau Karampuang, yaitu dibangunnya tugu Batu Karang Emas sebagai Icon dari Plaza Karampuang.

Memoles wajah Pulau Karampuang lebih indah dari sebelumnya, kolaborasi dengan beberapa OPD. PUPR menggagas plaza, Koperindag menggagas penataan UMKM, lalu air bersih di Dusun Ujung Bulo diinisiasi oleh Perkim.

“Ayo ke Pulau Karampuang, menikmati hal baru dengan hadirnya Plaza Karampuang,” ajak Imelda.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Barat, Darmawati, menambahkan, Pulau Karampuang adalah salah satu Destinasi Pariwisata Unggulan Provinsi Sulawesi Barat yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Barat Tahun 2021.

“Jadi di tahun 2021 telah diterbitkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Barat tentang 6 Destinasi Pariwisata Unggulan Provinsi Sulawesi Barat. Salah satu dari destinasi unggulan tersebut adalah Pulau Karampuang,” kata Darmawati. 

Harus diakui, lanjut Darmawati, Pulau Karampuang ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai atraksi dan kisah dibaliknya.

“Karampuang ini harus kita rawat dan kita jaga sebagai destinasi unggulan karena pulau ini adalah The Heart of Mamuju, “ ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam pengembangan kepariwisataan di Pulau Karampuang maka sejak Januari 2023 telah dibangun kawasan Plaza Karampuang.

“Kita bersyukur karena Bapak penjabat Gubernur, Bapak Akmal Malik, begitu besar perhatiannya kepada Pulau ini. Ini ditandai dengan gagasan beliau membangun Plaza dan penataan UMKM di Ujung Bulo ini,” ucapnya.

Pastinya, kata dia, Plaza ini nantinya dapat menjadi bagian dari pengembangan destinasi dan melengkapi Tur di Pulau Karampuang.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut