get app
inews
Aa Read Next : Diatensi Menkes RI, Ketua PD Bhayangkari Sulbar Fokus Penanganan Stunting 

PD Bhayangkari Polda Sulbar Gelar Lomba Tari Kreasi, Tampilkan Tarian Makkappu Mandar

Rabu, 18 Oktober 2023 | 13:59 WIB
header img
Pengurus Daerah Bhayangkari Sulbar Bersama Oara Pengurus Cabang di Gelaran Lomba Tari Kreasi. Foto: iNewsMamuju.id/Fathir

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Pengurus Daerah Bhayangkari Sulawesi Barat menggelar Lomba Tari Kreasi dengan menampilkan Tarian Makkappu Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 71 Tahun 2023.

Hadiri Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar, Wakapolda Sulbar Brigjen Pol Rachmat Pamudji, Pejabat Utama Polda Sulbar dan Para Pengurus Bhayangkari Sulawesi Barat.

Kegiatan ini menghadirkan tiga tim juri diantaranya Juri 1 Diana S.pd selaku Ketua Komite Tari DKKM, Juri 2 Ahmad Rengga selaku Ketua Komite Etnomusikologi dan Juri 3  Dra Hj Sariani Lasami Kabid Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Sulbar yang juga merupakan Sarjana Tari.

Ketua PD Bhayangkari Sulbar Ny Miranti Adang mengatakan, Tarian Makkappu merupakan tarian tradisional Mandar yang menggambarkan tradisi bersilaturahmi masyarakat Mandar dengan membawa bahan pangan kepada tetangga, keluarga, maupun kerabat yang akan melakukan hajatan.

Tradisi Makkappu yang umumnya dilakukan oleh kaum perempuan tersebut sebagai wujud meringankan kegiatan lewat gotong royong dan kebersamaan.

Miranti menyebutkan, alasan dipilihnya Tarian Makkappu untuk lomba kreasi karena ia ingin memberitahukan kepada masyarakat khususnya di luar Provinsi Sulawesi Barat, bahwa di suku Mandar terdapat tradisi tersebut. 

"Tarian Makkapu adalah tarian tradisi mandar , diharapkan setiap perwakilan cabang mempunyai ciri khas mengembangkan tari Makkapu dengan kreasi sendiri agar pelestariannya terjaga. Olehnya itu melalui kegiatan ini kekayaan budaya Mandar akan terus selalu dilestarikan," Jelasnya.


Ketua Pd Byanagkari Sulbar Ny Miranti Adang Foto Bersama Tim Juri Lomba Tari Kreasi Tarian Makkappu Mandar
 

Untuk di ketahui, adapun pemenang lomba tari kreasi yang di Gelar di Halaman Mapolda Sulbar dimana Pengurus Cabang Bhayangkari Pasangkayu keluar sebagai Juara Favorit, Sementara Pengurus cabang Bhayangkari Mamuju raih juara Best Costume.

Berikut Juara Lomba Pemenang Tari Kreasi: 

Juara I : Pengurus cabang Bhayangkari Majene
Juara II : Pengurus cabang Bhayangkari Polman 
Juara III : Pengurus cabang Bhayangkari Kota Mamuju

Harapan I : Pengurus cabang Bhayangkari Brimob Polda Sulbar
Harapan II : Pengurus cabang Bhayangkari SPN Polda Sulbar
Harapan III : Pengurus cabang Bhayangkari Mamuju Tengah 
Harapan IV : Pengurus cabang Bhayangkari Mamasa

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut