get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar Sidak dan Pimpin Apel Pagi di Mapolresta Mamuju

Perwakilan iNews.id Mamuju jadi Narasumber di Forum Diskusi Publik Polda Sulbar

Selasa, 24 Oktober 2023 | 17:48 WIB
header img
Fathir penanggung jawab redaksi iNewsMamuju.id saat menerima plakat dari Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar. Foto: Dok Humas Polda

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Penanggung jawab iNewsMamuju.id A. Rudi Fathir dipercaya menjadi narasumber dalam forum diskusi publik yang dilaksanakan oleh Polda Sulawesi Barat, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan yang dibuka secara langsung Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar ini mengangkat tema Strategi Penyusunan Standar Pelayanan Prima Yang Berbasis Kearifan Lokal Guna Terwujudnya Pelayanan Publik di Jajaran Polda Sulbar Prediktif, Responsibilitas, Transparan dan Keadilan.

Dihadapan para peserta forum diskusi, pria yang akrab disapa Fathir ini mengatakan, Kearifan lokal merupakan salah satu dimensi acuan moral atau etika kalau berhadapan dengan konsep good governance, terutama menyangkut tentang landasan perilaku yang baik (bermoral). 

"Konsep kearifan lokal ini mengadopsi nilai-nilai prinsip, nasehat, norma-norma dan perilaku masyarakat leluhur di masa lampau yang dinilai penting dan memiliki kemampuan dalam hal menata atau menyikapi berbagai fenomena yang terjadi dalam kehidupam masyarakat, misalnya saja pada pelayanan birokrasi yang sering dinilai kurang memuaskan karena perilaku aparaturnya, sehingga penataan atau upaya penciptaan good governance tidak dapat diwujudkan dengan baik," Ujarnya.

Fathir juga menyebutan, negara menjamin pelayanan publik bagi masyarakat dalam Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 yang menandakan bahwa pelayanan publik merupakan hak warga negara dan kewajiban negara dalam penyelenggaraannya. Bercerita mengenai pelayanan publik, maka tidak akan jauh dari hal yang bersifat administratif di mana negara membangun sistem administrasi sebagai arah kebijakan dan pemerintahan.

"Berkaca dari Kaca Mata media bicara soal sistem penyelenggaraan pelayanan publik masih ada ditemukannya proses penyelenggaraan pelayanan publik, yang terkadang menjadi sorotan media misalnya, diskriminasi pelayanan, belum adanya kepastian waktu dan biaya, serta tingkat kepuasan masyarakat yang masih rendah terhadap pelayanan publik itu sendiri," ucapnya.

Terakhir kata dia, Dimana untuk menuju  Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Kualitas Pelayanan public yang bersih dan baik merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas Penilaian. Oleh Karena itu segala bentuk saran kritik serta pengawasan dari pihak luar sangat membantu dalam meraih 

"Untuk mewujudkna hal tersebut Peran media massa sangatlan penting. Dan merupakan Patner strategis dalam mewujudkan hal tersebut, karena media/pers dinilai diperlukan dalam pelaksanaan tugas Polri, peranan pers dan media di era keterbukaan informasi dinilai sangatlah diperlukan dan dibutuhkan oleh institusi Polri, terutama dalam hal upaya peningkatan kualitas pelayanan polri kepada Masyarakat," Pungkasnya., 

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut