get app
inews
Aa Read Next : HATTRICK, Manakarra Fair lolos KEN 2024 ketiga kalinya!

Pesta Rakyat HMI, Edukasi Laksanakan Event Ekspo Tidak Pakai APBD

Selasa, 09 Januari 2024 | 18:21 WIB
header img
HMI Badko Sulselbar bakal menggelar Pesta Rakyat HMI di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju. Foto: iNewsMamuju/Syamsul Bahri

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badko Sulselbar akan melangsungkan Pesta Rakyat HMI di Anjungan Pantai Manakarra dengan tema "UMKM Tumbuh, Rakyat Sejahtera"

Pesta rakyat HMI ini diagendakan berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 25 sampai dengan tanggal 28 Januari 2024. 

Agenda ini bermaksud untuk memberikan edukasi serta dukungan kepada Pemerintah Daerah dalam upaya menyelesaikan masalah seperti perekonomian daerah, angka kemiskinan di Sulbar serta memberikan kesejahteraan bagi para pelaku UMKM. 

"Kegiatan ini bermaksud untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten, dalam menyelesaikan masalah-masalah di daerah," kata Ketua HMI Badko Sulselbar, Muhammad Ahyar dalam conference pressnya. Selasa (9/1/2024). 

"Kegiatan ini juga sebenarnya memberikan edukasi kepada teman-teman pemerintah, khususnya OPD yang sering kali melaksanakan event yang bersifat ekspo, bahwa kegiatan seperti ini sebenarnya tidak perlu menggunakan APBD, kegiatan seperti ini bisa membiayai dirinya sendiri. Bisa menggunakan CSR dari perbankan, dari perusahaan yang berinvestasi di daerah," jelas Ahyar disalah satu warkop di Mamuju, Sulbar. 

Disampaikan pesta rakyat HMI merupakan gerakan untuk mendukung pemerintah terkait program 4+1. 

"Gerakan-gerakan yang kita lakukan ini adalah gerakan untuk mendukung pemerintah dalam menyelesaikan masalah empat plus satu," ucap Ahyar. 

Dikesempatan itu, Ahyar menegaskan bahwa Pesta Rakyat HMI tidak menggunakan anggaran APBD. Melaikan menggunakan biaya sendiri serta para sponsor. 

"Event pesta rakyat HMI ini dengan tema UMKM tumbuh, rakyat sejahtera, ini menggunakan biaya sendiri, yaitu berharap kepada donatur dan para sponsor, bukan menggunakan APBD," tegasnya. 

"Kita memberikan edukasi kepada pemerintah terkhusus OPD yang sering melaksnakan event seperti ini untuk tidak menggunakan APBD pada kegiatan-kegiatan seperti ini. Kegiatan ini bisa membiayai dirinya sendiri, apbd kita fokuskan kepada kebutuhan fundamental masyarakat," sambung Ahyar. 

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dirangkaikan Pesta Rakyat HMI ini seperti seminar nasional, serta kegiatan yang bersifat pengabdian masyarakat yakni pemeriksaan kesehatan gratis dan pasar murah. 

Agenda ini juga dimeriahkan dengan berbagai event perlombaaan seperti pentas seni yang melibatkan kampus di Sulbar, organisasi kepemudaan, juga akan diramaikan dengan ternament mobile legend dan turnament playstation. 

Dengan tema "UMKM Tumbuh, Rakyat Sejahtera", Pesta Rakyat HMI akan menggelar UMKM ekspo melibatkan seratus lebih para pelaku UMKM yang akan memamerkan produknya. 

"Kegiatan yang paling penting, UMKM ekspo ini melibatkan seratus lebih pelaku umkm yang akan berjualan di pesta rakyat HMI," ungkap Ahyar.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut