get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Sabu di Mamuju Tengah Dibekuk Polisi, Terancam 20 Tahun Penjara

4 Pengedar Sabu di Mamuju Tengah Disikat Polisi

Senin, 19 Februari 2024 | 16:31 WIB
header img
Polisi berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika di Mamuju Tengah. Foto: Ist

MATENG, iNewsMamuju.id - Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Mamuju Tengah (Mateng) berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika di Desa Karossa, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah pada Minggu, 18 Februari 2024, sekitar pukul 01.00 WITA.

Kasat Narkoba Polres Mamuju Tengah, Iptu Tangdilimban mengatakan, penangkapan ini dilakukan setelah mendapat informasi dari masyarakat yang mencurigai aktivitas seorang warga yang sering melakukan perjalanan ke Palu untuk mengambil sayuran, namun diduga membawa narkotika jenis sabu-sabu saat kembali ke wilayah tersebut.

Iptu Tangdilimban mengungkapkan, berdasarkan informasi tersebut, tim Sat Resnarkoba Polres Mateng melakukan penyelidikan. Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba berhasil menangkap seorang lelaki berinisial AR (52) di rumahnya. Saat dilakukan penggeledahan, sejumlah barang bukti yang diduga terkait dengan penyalahgunaan narkotika ditemukan, termasuk kaca pirex, korek api, serta saset bekas pakai.

Ia mengatakan, tersangka AR mengakui kepemilikan barang haram tersebut yang diperolehnya dari Palu, Sulawesi Tengah. Selanjutnya, AR mengungkap bahwa ia tidak bekerja sendirian, melainkan bersama rekannya, sesama kurir sabu, yaitu YS (34), yang dihubungi setelah memasuki wilayah Benggaulu untuk menjemput barang tersebut.

Setelah YS diamankan, ia memberikan keterangan bahwa sebelum bertemu dengan AR, ia bertemu dengan seorang pria berinisial AV (32) di pasar malam Karossa. 

"Mereka kemudian bersama-sama pergi ke Desa Benggaulu, di mana transaksi barang haram tersebut dilakukan setelah bertemu dengan AR," kata Iptu Tangdilimban seperti keterangan tertulisnya. Senin (19/2/2024). 

Pada tahap selanjutnya, YS meninggalkan sebagian barang bukti di rumah AV sebelum meninggalkan lokasi. AV mengonfirmasi bahwa mereka telah menggunakan sabu-sabu bersama-sama sebelum YS meninggalkan rumahnya. 

Iptu Tangdilimban menjelaskan bahwa ketiga tersangka yang berhasil diamankan mengkonfirmasi bahwa YS dan AV telah menggunakan sabu-sabu di rumah tersangka berikutnya, yaitu HR (28), serta menitipkan sejumlah barang bukti di rumahnya.

Seluruh pelaku, yang berjumlah 4 orang, termasuk yang bertugas sebagai kurir maupun pengguna sabu, beserta barang bukti, telah diamankan di Polres Mamuju Tengah untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Mereka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subs, Pasal 112 ayat (1) subs, Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun. Proses penyelidikan dan penanganan kasus ini masih berlangsung untuk mengungkap lebih lanjut asal-usul barang-barang yang diduga narkotika jenis sabu tersebut," tutup Kasat Narkoba Polres Mateng.

Editor : Lukman Rahim

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut