Kakanwil Kemenkum Sulbar Tegaskan Pentingnya Pelayanan Prima dan Adaptasi Zaman

MAMUJU, iNewsMamuju.id – Kepala Kantor Wilayah Kemenkum Sulawesi Barat, Sunu Tedy Maranto, memberikan arahan penting dalam apel pagi yang diikuti oleh seluruh jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Sulbar. Senin, (14/5/2025).
Kakanwil menekankan pentingnya membangun legitimasi dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan institusi Kemenkum, khususnya di wilayah Sulawesi Barat.
"Masyarakat harus terlayani dengan baik, merasa aman, nyaman, dan merasakan manfaat nyata dari kehadiran kita," tegas Sunu Tedy Maranto.
Ia menegaskan bahwa pelayanan prima menjadi fondasi utama dalam membangun kepercayaan publik. Untuk itu, seluruh jajaran diimbau untuk terus belajar dan mengembangkan kapasitas diri sebagai bagian dari proses menuju kesempurnaan kinerja.
“Kita tidak sempurna, oleh karena itu kita membutuhkan proses untuk menjadi lebih baik. Kita juga memerlukan bantuan dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya.
Lebih lanjut, Kakanwil juga menyoroti pentingnya transformasi organisasi dan perubahan pola kerja. Menurutnya, pola kerja konvensional sudah tidak relevan dengan tantangan zaman.
"Cara kerja konvensional akan ditinggalkan dan dianggap usang karena ketidakmampuan kita mengikuti perkembangan zaman," ujarnya.
Ia menekankan bahwa banyak institusi lain telah menunjukkan kemajuan signifikan, baik dalam hal sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, pelayanan, hingga publikasi.
Jika tidak berbenah, lanjutnya, instansi Kemenkum berisiko kehilangan relevansi dan kewenangan di mata publik.
Arahan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh jajaran Kemenkumham Sulbar untuk melakukan refleksi, meningkatkan kualitas pelayanan, dan beradaptasi dengan tuntutan zaman demi kemajuan organisasi serta peningkatan kepercayaan masyarakat
Editor : Lukman Rahim