G20, Banyak Negara Berminat Bangun Infrastruktur Transportasi di Indonesia

Ramli
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dalam pertemuan bilateraldengan delegasi Jepang dan Korsel. (Foto: dok kemenhub)

JAKARTA, iNewsMamuju.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan banyak negara yang berminat melakukan investasi untuk membangun infrastruktur transportasi. 

Menurut dia, beberapa negara anggota G20 menunjukkan keinginan yang tinggi untuk terlibat dalam pengembangan sektor transportasi di Indonesia, termasuk Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Hal itu, terungkap dari pertemuan bilateral yang dilakukan Menhub dengan delegasi Jepang dan Korsel. Dalam pertemuan itu, dibahas sejumlah kerja sama yang telah berjalan dan juga potensi kerja sama sektor transportasi di masa depan. 

Menhub mengadakan pertemuan bilateral dengan Penasehat Khusus Perdana Menteri (PM) Jepang, Mori Masafumi, pada Selasa (15/11/2022). Sebelumnya, pada Senin (14/11/2022), Menhub bertemu dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-Ryong.

Menhub mengatakan, kedua negara ini merupakan mitra strategis bagi Indonesia dan telah banyak melakukan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang, termasuk sektor transportasi. 

“Saat ini banyak negara yang berkeinginan untuk melakukan investasi membangun infrastruktur transportasi di Indonesia, oleh karenanya kita harus memanfaatkan peluang tersebut,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Selasa (15/11/2022). 

Dalam pertemuan dengan Penasehat Khusus PM Jepang, Menhub membicarakan sejumlah pembangunan proyek transportasi dan infrastruktur yang telah dan akan dikerjasamakan oleh kedua negara. 

Proyek yang dilirik antara lain, MRT Jakarta, kereta cepat Jakarta-Surabaya, Pelabuhan Patimban, pembangunan proving ground, dan pengembangan infrastruktur laut dan SDM-nya. “Kemarin, kami telah menandatangani nota kesepahaman dengan Jepang terkait kelanjutan pembangunan MRT Jakarta East-West Line Phase 1. 

Ini menjadi langkah awal percepatan pengembangan MRT Jakarta, dan saya meyakini dengan pengalaman kerja sama antar kedua negara dalam proyek MRT sebelumnya, pembangunannya akan dapat berjalan lancar,” ucap Menhub. 

Sementara itu, pertemuan dengan Korsel juga membicarakan sejumlah pembangunan yang telah dan akan dikerjasamakan dengan Korsel, seperti: pengembangan MRT Jakarta dan LRT Jakarta, potensi kerja sama pembangunan di sektor laut dan udara, serta pengembangan SDM sektor transportasi. 

“Kemarin, kami dengan pemerintah Korsel juga telah menandatangani nota kesepahaman tentang pembangunan MRT Jakarta Fase 4. Semoga kedepannya kerja sama kedua negara semakin intensif dilakukan,” tutur Menhub. 

Momentum Presidensi Indonesia dalam KTT G20 tahun ini dimanfaatkan untuk mencari peluang kerja sama pembangunan infrastruktur transportasi dengan banyak negara, melalui pendanaan kreatif non-APBN. 

Hal ini dilakukan agar pembangunan infrastruktur transportasi dapat terus dilakukan dalam rangka meningkatkan konektivitas dan daya saing negara, di tengah keterbatasan APBN.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Banyak Negara Berminat Bangun Infrastruktur Transportasi di Indonesia, Ini Proyek yang Dilirik ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/banyak-negara-berminat-bangun-infrastruktur-transportasi-di-indonesia-ini-proyek-yang-dilirik/2.

Editor : A. Rudi Fathir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network