Puluhan Motor Balap Liar Dikandangkan, Kapolresta Mamuju: Sampai Selesai Lebaran

Nur Mubarak
Puluhan motor balap liar dikandangkan di Mapolresta Mamuju. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Puluhan motor pelaku balap liar diamankan Tim Gabungan Patmor Sat Samapta dan Sat Lalu lintas ke Mapolresta Mamuju. Sabtu (25/3/2023) pagi. 

Pelaku merupakan kelompok balap liar yang sangat meresahkan warga karena kerap beraksi di jalan yang ramai seperti Jalan Abd Syakur Pasar Baru dan Arteri Kota Mamuju

Kapolresta Mamuju Kombes Pol Iskandar mengatakan, puluhan kendaraan yang terjaring tidak dikembalikan langsung ke pemiliknya. 

"Tetapi sepeda motornya akan dikandangkan sampai selesai Lebaran Idul fitri dan nanti akan mendatangkan orang tua para pelaku membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya dan wajib memperlihatkan kelengkapan dokumen seperti STNK, SIM serta memasang kembali komponen asli kendaraannya yakni spion, Plat Nomor dan Knalpot bogar menjadi standar," tutur Kapolresta. 

Aksi para pelaku balap liar diakui sangat meresahkan masyarakat serta menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat. Para pelaku balapan liar yang diamankan rata-rata anak usia dibawah umur. 

Untuk diketahui sebanyak 27 unit sepeda motor yang diamankan oleh personil Polresta Mamuju yang terdiri dari 19 unit sepeda motor pelaku balap liar dan 8 unit lainnya sepeda motor yang ditemukan disekitar TKP balap liar tidak dilengkapi dengan STNK, TNKB dan pelanggaran lalu lintas lainnya.  

Iskandar berharap, tindakan yang dilakukan oleh polisi bisa memberikan efek jera bagi para pelaku balap liar. Para orang tua juga diharapkan dapat mendukung Polri mencegah aksi balap liar. 

"Memberikan pengawasan ketat terhadap anak anaknya agar tidak terlibat lagi dalam kegiatan apapun yang dapat menggangu keamanan dan Ketertiban masyarakat," harap Iskandar. 

Kapolresta juga menghimbau kepada warga masyarakat, terlebih kepada para orang tua agar tidak memberikan sepeda motor kepada anak yang masih dibawah umur. 

"Selalu mengingatkan kepada anak - anaknya agar pada saat mengendarai kendaraan agar mematuhi aturan lalulintas," ujarnya. 

Ditempat terpisah Husain salah satu warga Kota Mamuju saat hendak melintas di jalan Abd Syakur melihat para pelaku balap liar ditangkap berterima kasih dan apresiasi kepada Jajaran Poresta Mamuju yang telah mengamankan para pelaku balap liar dan kendaraan yang begitu bising. 

"Alhamdulillah pak, kami tidak terganggu lagi saat sedang beribadah dimesjid dengan suara motor balap liar," ungkapnya. 

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network