Mahasiswi Komunikasi Unasman Juara 1 Lomba Karya Ilmiah HUT Lalu Lintas Bayangkara ke 69

Ilu
Artika Ananda Putri, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unasman yang meraih juara pertama lomba karya ilmiah HUT Lalu Lintas Bayangkara ke 69. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Prestasi membanggakan diraih oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Al Asyariah Mandar (FISIP Unasman). 

Artika Ananda Putri, berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Barat, dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 tahun 2024.

Lomba yang bertemakan "Polantas Presisi Hadir" ini diikuti oleh 40 peserta mahasiswa Perguruan Tinggi se-Sulbar dan mahasiswa dari berbagai universitas di luar Sulbar yang ber-KTP Sulbar. 

Artika Ananda Putri mengangkat karya ilmiah berjudul; “Menuju Sulbar Sejahtera: Optimalisasi Regional Traffic Management Centre (RTMC) melalui Gerakan Satu Hari Tanpa Pelanggaran”, yang dinilai unggul dari segi kreativitas gagasan, orisinalitas, analisis, dan sistematika penulisan. 

Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Hamdan, M.Ag, memandang bahwa Artika cukup cermat memilih tema dan menentukan ide, sehingga apa yang ia tulis tentunya memiliki relevansi dan dampak positif terhadap masyarakat. “Saya agak tersentak dengan ide ini. Saya membayangkan betapa kuat pengaruhnya jika dalam setiap minggu kita semua dapat dengan sadar menertibkan diri, sehari saja tanpa pelanggaran lalu lintas. Ini gerakan yang sangat luar biasa”, ungkap Kaprodi.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan Ditlantas Polda Sulbar ini sangat positif dalam rangka meningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat, khususnya mahasiswa dan generasi muda, dalam menciptakan inovasi yang mendukung keselamatan lalu lintas di Indonesia. “Kami berharap semoga ide adik Artika ini dapat kami tindak lanjuti bersama Polda Sulbar, untuk mewujudkan “gerakan sehari tanpa pelanggaran lalulintas, day without violations”, ungkap Hamdan.

Sementara itu, Artika merasa sangat syukur dan bangga dapat berkontribusi terhadap pengembangan keselamatan berlalulintas. “Saya sangat bersyukur dan bangga dapat meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Ilmiah yang dilaksanakan oleh Polda Sulbar. Karya ini merupakan wujud kepedulian saya terhadap masalah keselamatan lalu lintas, terutama di kalangan generasi muda yang seringkali abai akan pentingnya keselamatan di jalan,” ujar Artika.

Dekan FISIP Unasman, Muhammad Massyat, turut menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Artika. 

“Kami sangat bangga atas prestasi yang dicapai Artika. Ini membuktikan bahwa mahasiswa kami mampu bersaing di tingkat regional bahkan Nasional dengan ide-ide cemerlang yang bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” ujarnya. 

Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi khususnya mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi dan Unasman pada umumnya, untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam berbagai bidang, khususnya dalam peningkatan kesadaran keselamatan lalu lintas yang menjadi salah satu isu penting di Indonesia.

Ditlantas Polda Sulbar mengadakan Lomba Karya Ilmiah ini sebagai bagian dari perayaan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 yang jatuh pada tanggal 22 September 2024, dengan tujuan mengajak generasi muda untuk memberikan ide dan gagasan untuk Polantas yang lebih baik di masa depan.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network