Pemprov Sulbar Siapkan Rute Penerbangan Baru Mamuju-Surabaya Mulai 2025

Ilu
PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin dalam acara High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) berencana meluncurkan rute penerbangan baru dari Mamuju menuju Surabaya pada tahun 2025.

Langkah ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bisnis antara Sulbar dan Pulau Jawa, mengingat Surabaya sebagai titik ekonomi utama di wilayah timur Indonesia.

Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan rencana tersebut dalam acara High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Ballroom Hotel Maleo Mamuju, Kamis (19/9/2024). 

"Soal penerbangan Mamuju-Surabaya ini adalah ikhtiar saya untuk mengkoneksikan ekonomi Sulbar dengan Pulau Jawa," ujar Bahtiar, disambut aplaus ribuan pelaku bisnis yang hadir.

Bahtiar menegaskan pentingnya membuka penerbangan ini sebagai peluang baru untuk aktivitas ekonomi dengan masyarakat. 

"Jika bisa kita membuka penerbangan tahun depan, ini akan menjadi langkah besar untuk ekonomi daerah." Ia juga berjanji akan berkomunikasi dengan DPRD Sulbar untuk mendukung inisiatif ini.

Sebelumnya, jalur penerbangan dari Makassar ke Mamuju via Bandara Tampa Padang hanya dilayani tiga kali seminggu oleh Batik Air. Namun, sejak Agustus 2024, frekuensi penerbangan meningkat menjadi empat kali seminggu, yakni pada hari Minggu, Senin, Rabu, dan Jumat. Selain itu, Wings Air juga melayani rute Mamuju ke Balikpapan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. 

"Dengan adanya jalur konektivitas setiap hari, tahun 2025 kami akan mempercepat pengembangan rute ke Surabaya," tegasnya.

Bahtiar juga menyampaikan bahwa untuk merealisasikan rute ini, Pemprov akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan serta maskapai penerbangan. 

"Kami akan membahas mekanisme yang harus dipenuhi untuk penerbangan ini," jelasnya. 

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Maddareski, mengaku telah menerima perintah dari Pj Bahtiar untuk mempersiapkan sejumlah administrasi yang diperlukan untuk memuluskan rencana tersebut, termasuk berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan, DPR RI, dan maskapai penerbangan.

Dengan rencana penerbangan Mamuju-Surabaya ini, Pemprov Sulbar berharap dapat memperkuat konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, menjadikan Sulbar lebih terhubung dengan pusat-pusat ekonomi utama di Indonesia.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network