get app
inews
Aa Read Next : Mantap Maju di Pilkada Pasangkayu, Budiyansa Daftar di DPC PKB

Bunga Bangkai Mekar di Halaman Rumah Warga Mamuju

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:54 WIB
header img
Warga kunjunggi bunga Amorphophallus titanum di halaman rumah warga di Jalan Soekarnoi/Hatta, Kota Mamuju, Sulawesi Barat.

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Bunga dengan nama latin Rafflesia Arnoldii atau masyaeakat Indonesia sering menyebutnya dengan Bunga Bangkai tumbuh dan mekar di halaman rumah kost di Jalan Soekarno/Hatta, Kelurahan Karema, Mamuju, Sulawesi Barat. Jumat (21/10/22).

Penghuni kost bernama Sudirman menuturkan, ia tak menyadari jika itu adalah Bunga Bangkai yang tumbuh didepan rumah yang ia huni. 
Ia baru mengetahui jika itu adalah bunga langkah yang bernama latin Rafflesia Arnoldii setelah mekar dan dipotret, kemudian disearching di google.

"Awalnya tidak tau sama sekali, tapi pas mekar saya foto lalu cari di google, ternyata itu bunga bangkai,"ujarnya 

Sedangkan Marwah penghuni lainnya, Marwah mengaku pertama kali melihat bunga tersebut saat bersada dilantai dua, Marwah tak mengirah jika bunga yang tumbuh adalah bunga langka dikarenakan bentuknya yang menyerupai jantung pisang.

"Kemarin sore, saya kira ayam mati bau sekali," ujarnya, Jumat (21/10/2022).

Marwah mengaku, seluruh penghuni rumah baru menyadari hal itu setelah munculnya bauh tak sedap saat  akan 
membersihkan halaman rumahnya pagi tadi.

"Saya kaget, kenapa bisa tumbuh di sini," kata dia.

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae), dari genus Amorphophallus. 

Bungai bangkai raksasa merupakan tumbuhan endemik Pulau Sumatera, dan termasuk jenis dilindungi, sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (KSDAE) jo. PP No.7/1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar. 

Bunga bangkai merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Bunga berbau busuk seperti bangkai ini memiliki sekitar 170 spesies di dunia, dengan penyebaran yang sebagian besar yakni sekitar 25 ditemukan di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Beberapa spesies bunga bangkai yang terkenal dan ditemukan di Indonesia di antaranya yaitu Bunga Bangka Raksasa (Amorphophallus gigas), Bunga Bangkai Jangkung (Amorphophallus decussilvae), Suweg (Amorphophallus campanulatus), dan Iles-iles (Amorphophallus oncophyllus).

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut