get app
inews
Aa Read Next : Karo Ops Polda Sulbar Ingatkan Personel untuk Tanggap Perkembangan Pemilu 2024

Netralitas, Ikatan Jurnalis Sulbar dan Media Dukung Pemilu Damai 2024

Selasa, 28 November 2023 | 16:28 WIB
header img
Ketua Ikatan Jurnalis Sulbar Irham Azis Saat memberikan Sambutanya di Acara Netralitas Media mengawal Pilkada Damai. foto: iNewsMamuju.id/Zul

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS) menggelar gelar deklarasi netralitas media jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua IJS, Irham Azis menuturkan media telah siap berkolaborasi dalam menyukseskan jalannya pesta demokrasi.

"Kami sudah terikat kode etik jurnalis, dan atas dasar itulah mengapa media tidak boleh berpihak," ungkapnya di Warkop Damai, Jl Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Mamuju, Sulbar, Selasa (28/11/2023).

Dalam kesempatan yang sama, hadir juga perwakilan Polda Sulbar IPTU Rifai, Kabag Ops Binda Sulbar Nur wahyudi, dan Paurprod Pendem Korem 142/Tatag, Letda Inf Ali Akbar.

"Sudah jelas bahwa Polri aangat dilarang menjadi pengurus parpol, menjadi narasumber diberbagai kegiatan yang sifatnya sensitif, dan beberapa lainnya," ungkap IPTU Rifai.

Sementara itu, di tempat yang sama Letda Inf Ali Akbar menambahkan terkait netralitas keluarga sendiri sudah tertuang di dalam pedoman TNI.

Pihaknya, dilarang memberikan arahan kepada keluarga yang mempunyai hak pilih.

"Semua dikembalikan ke pilihan keluarga, baik istri dan anak-anak," ujarnya.

Senada, Kabag Ops Binda Sulbar, Nur Wahyudi juga menambahkan pihaknya sangan mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan pelaku media.

Target capaian yang sama dalam mensukseskan pemilu sangat dibutuhkan, terutama untuk mengantisipasi berbagai kecurangan.

"Saya sempat menyampaikan kepada KPU untuk merangkul media membuat sistem edukasi melalui media," singkatnya.

Pada akhir acara, seluruh peserta yang hadir bersama dengan narasumber, menandatangani spanduk deklarasi yang telah disediakan untuk sama-sama memastikan netralitas unsur independen yang ada.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut