get app
inews
Aa Read Next : Wabup Pasangkayu Ajak Perempuan Ambil Peran dalam Pembangunan Daerah

Dinsos Kabupaten Pasangkayu Luncurkan Program Rumah Data Smart untuk Optimalisasi Bantuan Sosial

Rabu, 29 November 2023 | 12:34 WIB
header img
Kadinsos Elsi mendampingi Wakil Bupati Pasangkayu Herny saat membuka launching Rumah Data Smat di Desa Sipakainga, Kecamatan Duripoku. Foto: iNewsMamuju/Roy Mustari

PASANGKAYU, iNewsMamuju.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasangkayu meluncurkan program Rumah Data Smart atau Rahmat Pasangkayu di Aula Kantor Desa Sipakainga, Kecamatan Duripoku, Pasangkayu. Rabu (29/11/2023). 

Program ini bertujuan mengoptimalkan strategi pengendalian bantuan sosial melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berbasis kependudukan.

Kepala Dinsos Pasangkayu, Elsi, SE., M.A.P, menjelaskan bahwa program Rahmat Pasangkayu dinamai demikian dengan harapan agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT untuk seluruh masyarakat Pasangkayu. DTKS akan difungsikan untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi permasalahan data kependudukan di wilayah Pasangkayu, dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya data dan informasi.

"Masyarakat tidak perlu datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), tapi datanglah ke Dinsos ketika ada permasalahan data terkait bantuan," ungkap Elsi.

Wakil Bupati Pasangkayu, Dr. Hj.Herny, S.Sos., M.Si, menyambut baik peluncuran Rahmat Pasangkayu dan itu diikuti 3 Kecamatan yaitu, Pasangkayu, Duripoku dan Kecamatan Dapurang.

"Insya Allah dengan dilaunchingnya program ini dapat memudahkan Masyarakat untuk mengakses data, agar data Dinsos dengan Dukcapil bisa singkron," katanya usai membuka launching secara simbolis.

Herny menekankan bahwa program ini memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan validasi data dengan cara yang lebih efisien. Apalagi telah disiapkan operator data kependudukan di setiap desa. 

"Kami berharap, semua perangkat Desa se-Pasangkayu dan Masyarakat sudah memahami program yang dilakukan oleh Dinsos," katanya

Kelapa Desa (Kades) Sipakainga Ahmad dan Kades Tamarunang Abu turut hadir dalam peluncuran ini, bersama dengan perwakilan camat Duripoku Safri, Kabid Linjamsos Armawati Azis, Bhakanmtibmas Ismail, dan Babinsa Desa Sipakainga Hardiman.

Editor : Lukman Rahim

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut