get app
inews
Aa Read Next : Kapolda dan Ketua PD Bhayangkari Sulbar Lepas Kepulangan Presiden Jokowi Usai Kunker di Sulbar 

Miranti Adang Ginanjar Gaungkan Kecintaan Terhadap Kearifan Lokal Sulawesi Barat

Sabtu, 02 Desember 2023 | 16:47 WIB
header img
Miranti Adang Ginanjar Istri Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id --Sulawesi Barat memiliki tiga produk tenunan tradisional yang khas. Merupakan kekayaan budaya yang berasal dari kearifan lokal

Produk tradisional dimaksud, yaitu tenunan lipaq saqbe (sarung sutra) Mandar, tenunan kain Sekomandi, Kalumpang, dan tenunan Sambu' Mamasa.

Miranti menyatakan pentingnya kecintaan dan menjaga kelestarian tenunan khas tradisional tersebut.

"Perlu terus dilakukan upaya menggairahkan semangat para penenun tradisional dan pelaku usaha melakukan inovasi dan
kreatifitas dengan aneka corak yang menarik, tanpa kehilangan ciri khas sebagai tenunan tradisional Sulawesi Barat," Ujar Miranti Adang, Sabtu 2 Desember 2023.

Wanita kelahiran Bandung, 19 Maret 1969, yang merupakan Istri Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar yang dikenal sejak remaja cinta akan batik ini, menyebutkan komiten PD Bhayangkari Sulbar terus berupaya melestarikan kain tenun dengan melalui Gerakan Ibu Asuh Tenun (GIAT). 

Miranti Adang Ginanjar yang rajin memasarkan produk UMKM Sulbar ini, berharap, dengan adanya Gerakan Ibu Asun Tenun mampu membantu mengidentifikasi kebutuhan awal produksi. Selain itu, lanjut Miranti, Ia juga berharap gerakan tersebut mampu mendorong kreativitas warga serta membantu akan memasarkan lewat coffee morning dengan para pengusaha dan isteri duta besar manca negara.

“Saya harap masyarakat, generasi muda khususnya memanfaatkan kearifan lokal yang ada sebagai daya tarik agar wisatawan berkunjung ke wilayahnya. Tiap wilayah pasti punya kearifan lokal masing-masing yang luhur dan unik sehingga menarik bagi wisatawan,” kata Miranti.

"Dari kecil saya cinta akan budaya dan gemar menari baik bali, jawa, maupun melayu. Dan saat ini kami sedang membangun persiapan sanggar tari sulbar yang nantinya berada di belakang rumah dinas," tambahnya.

Terakhir, Miranti Adang berpesan, perempuan sebagai agen perubahan sosial budaya harus mampu membudayakan pemberdayaan ekonomi masyarakat  dengan kearifan lokal untuk menjaga harmonisasi sumber daya manusia, alam dan lingkungannya.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut