get app
inews
Aa Read Next : Ruslan Nyatakan Siap Maju di Pilkada Mamasa

Jelang Pemilu, Sekretaris Amsi Sulbar Ajak Masyarakat Jadi Pelopor Pencegahan Hoaks

Minggu, 04 Februari 2024 | 18:49 WIB
header img
Peserta diminta untuk ambil bagian sebagai pelopor dalam mencegah Hoaks jelang Pemilu. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Jelang Pemilihan Umum 14 Februari 2024 mendatang Komunitas Pemuda Manakarra melaksanakan kegiatan Seminar Literasi Digital.

Kegiatan itu mengangkat tema Pemilihan Umum damai tanpa hoax, diikuti kurang lebih 200 peserta yang dilaksanakan di wisma Malaqbi, Jakan Pababari, Karema, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Sabtu (3/2/2024). 

Sekretaris asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sulawesi Barat, hadir sebagai narasumber, mengajak peserta untuk menjadi pelopor dalam menangkal Hoaks.

“Saya mengajak masyarakat terutama peserta Literasi digital ini untuk menjadi pelopor dalam menangkal hoaks baik jelang pemilu maupun pasca pemilu,” kata Busman Rasyid Sekretaris AMSI Sulbar seperti keterangan tertulisnya. 

Mengutip data Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) menemukan 2.330 hoaks selama tahun 2023 dengan hoaks politik sebanyak 1.292, 645 di antaranya adalah hoaks terkait Pemilu 2024.

Lanjut kata Busman, masifnya hoaks politik ini bisa mengganggu proses demokrasi di Pemilu, untuk itu perlu upaya bersama dalam mencegah hoaks untuk menjaga kedamaian Pemilu 2024. "Terbanyak hoaks di Youtube, kemudian Facebook, tiktok, Twitter atau X, Whatsapp dan Instagram," jelasnya.

Untuk itu, kata Busman, mari menggunakan social media secara bijak, digunakan hanya sesuai kebutuhan saja untuk mempermudah aktivitas keseharian.

Lebih lanjut, busman mengatakan agar masyarakat tidak mudah percaya infomasi apalagi jika infomasi tersebut tidak jelas sumbernya.

Dalam kegiatan itu, AMSI Sulbar berbagi tips bagaimana mengenali Hoax yang tersebar di platform media social.

Editor : Lukman Rahim

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut