get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sulbar Paparkan Potensi Sulbar di West Sulawesi Investment Forum 2024

Pelabuhan Palipi Bakal Dikembangkan, Fasilitas Dibangun untuk Kemudahan Nelayan

Senin, 22 Juli 2024 | 10:50 WIB
header img
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin berkunjung ke Pelabuhan Palipi. Foto: Ist

MAJENE, iNewsMamuju.id - Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengunjungi pelabuhan palipi Kabupaten Majene. 

Kunjungan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar Suyuti Marzuki, Asisten TAta Pemerintahan dan Kesra M Jaun, Kadis Perhubungan Maddareski Salatin, Kadis Sosial Wahab Hasan Sulur, Kadis DPMPTSP Habibi Aziz, Kadis Kominfo Mustari Mula, Karo Tapem Arianto Plt Sahli Gub Bidang Kemasyarakatan M.Lutfi serta rombongan lainnya.

"Jadi Pj Gubernur mengunjungi pelabuhan Palipi sekaligus melakukan penanaman pohon diarea pelabuhan sekitar 6 hektare dengan penataan yang baik," kata Suyuti, Senin (22/7/2024). 

Ia menambahkan selain menanam pohon, dilanjutkan mengecek kesiapan beberapa fasilitas PPI Palipi dalam mendukung perikanan tangkap Sulawesi Barat. Serta memenuhi kebutuhan nelayan khususnya tambat labuh dan kebutuhan BBM nelayan

"Ini pertama kali Pj Gubernur kunjungi pelabuhan Palipi, makanya kita jelaskan semua fasilitasnya dan kendalanya selama ini," tambahnya.

Kendala yang dimaksud susahnya kapal sandar di Palabuhan Palipi disebabkan tingginya gelombang. Memasuki musim utara gelombangnya sangat besar dan merusak fasilitasnya.

"Pertamina di area pelabuhan juga sudah kita perjuangkan kerjasama dengan pihak pertaminan pusat, kemudian gelombangnya ini harus kita cepat selesaikan sebab struktur tanahnya tidak bagus yang menghabiskan anggaran," ungkpnya.

Pabrik es yang ada di pelabuhan palipi juga akan rehab agar bisa memproduksi lebih banyak lagi dan masyarakat tidak lagi kesulitan mencari es batu.

"Termasuk memungkinkan penyediaan rumah singgah nelayan, khususnya nelayan pulau-pulau dan nelayan pelintas, karena PPI posisi strategis di ALKI II dan merupakan wilayah pengelolaan perikanan WPP 713 yang kaya sumberdaya ikan," pungkasnya. 

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut