get app
inews
Aa Read Next : Bhayangkari Sulbar Gelar Lomba Kreasi Wastra dan MC dalam Rangka HUT Bhayangkari ke-72

Miranti Ajak Masyarakat Sulbar Budayakan Kain Tenun Mandar

Kamis, 29 Agustus 2024 | 11:05 WIB
header img
Ketua PD Bhayangkari Sulbar Ny Miranti Adang Ginanjar. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id — Ketua PD Bhayangkari Sulawesi Barat, Ny. Miranti Adang Ginanjar, mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Barat untuk membudayakan penggunaan kain tenun Mandar dalam kehidupan sehari-hari. 

Ajakan ini tidak hanya bertujuan untuk melestarikan warisan budaya, tetapi juga sebagai langkah untuk memenuhi salah satu persyaratan agar tenun Mandar dapat diakui oleh UNESCO dan menyambut hari Tenun 7 September 2024.

"Kita berharap penggunaan tenun Sulawesi ini menjadi tradisi sehari-hari, seperti yang saya lakukan dalam acara Tim Nasional Kebaya. Kita harus berjuang agar tenun Mandar bisa menjadi bagian dari keseharian masyarakat, sesuai dengan salah satu persyaratan dari UNESCO," kata Ny. Miranti.

Ia menegaskan bahwa upaya melestarikan tenun Mandar bukan hanya sekadar slogan, melainkan harus diwujudkan dalam tindakan nyata. Ny. Miranti sendiri telah memulai langkah ini dengan menjadikan kain tenun Mandar sebagai pakaian sehari-harinya di Sulawesi Barat.

"Kita harus membayangkan nasib para penenun di Mandar jika kita tidak segera bertindak. Saya tidak ingin lagi melihat kain tenun Mandar tergantikan oleh produk printing yang dapat mematikan masa depan industri tenun tradisional kita," tambahnya dengan penuh keprihatinan.

Sebagai bentuk komitmennya, Ny. Miranti bertekad untuk terus memperkenalkan tenun Mandar ke tingkat nasional. Menurutnya, meskipun Sulawesi Barat baru merupakan provinsi yang berkembang, namun memiliki kekayaan budaya yang sangat potensial untuk diangkat ke pentas nasional.

"Ini akan terus kita perkenalkan hingga ke tingkat nasional, karena meskipun baru provinsi, Sulbar memiliki budaya yang sangat beragam dan layak untuk dikenal lebih luas," pungkasnya.

Melalui ajakan ini, Ny. Miranti berharap masyarakat Sulawesi Barat dapat lebih mencintai dan menggunakan kain tenun Mandar, sehingga warisan budaya ini dapat terus hidup dan dikenal di seluruh penjuru negeri.

Pejabat Gubernur Sulbar Bahtiar mengungkapkan apresiasinya dan menyampaikan respeknya pada upaya langkah ketua PD Bhayangkari Sulbar Ny Miranti Adang Ginanjar. Dimana beliau betul-betul mendedikasikan diri dan pengetahuannya membantu Sulbar bagaimana mengangkat hasil budaya berupa tenun.

“Kegiatan ini benar-benar semakin baik dan semangat baru kita akan mendukung sepenuhnya untuk dikembangkan,”Jelas Pj Gubernur Sulbar.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut