get app
inews
Aa Read Next : Penuhi Hak, Petugas Lapas Polewali Dampingi Warga BInaan Periksa Kesehatan Lanjutan di Rumah Sakit

Potensi UMKM dan Kebudayaan, Kemenkumham Dukung Gema Sulbar 2024

Selasa, 22 Oktober 2024 | 12:32 WIB
header img
Pembukaan Gema Sulbar 2024. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat mendukung pelaksanaan Gema Sulbar 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Wardi hadir dalam pembukaan acara. Senin (21/10/2024).

Gema Sulbar adalah festival yang diadakan untuk mempromosikan potensi pariwisata, kebudayaan, dan UMKM di Sulawesi Barat. Acara ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar warga. Beberapa hal yang kemudian dilakukan dalam festival Gema Sulbar, yaitu: menampilkan pagelaran seni dan budaya, menampilkan produk-produk unggulan UMKM, dan memberikan edukasi seputar kelestarian budaya dan pariwisata.

Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat mewakili Bapak PJ Gubernur Sulawesi Barat. 

Ia menyampaikan bahwa dalam konteks pengembangan destinasi pariwisata berbasis masyarakat, penting untuk memaksimalkan potensi, ekonomi kreatif setempat, seperti kerajinan lokal, wisata kuliner, juga pertunjukan seni dan budaya. Sulawesi Barat memiliki potensi yang sangat besar, maka dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam mengakselerasi sektor yang akan dikembangkan. 

Acara pembukaan berlangsung dengan sangat meriah. Berbagai pertunjukan budaya ditampilkan seperti fashion show baju adat dan carnaval yang diiringi marcing band dari siswa siswi yang ada di Kabupaten Mamuju. 

Selanjutnya, Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat juga berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam mendukung kegiatan pagelaran budaya seperti ini dalam mendukung pelestarian dan peningkatan kepariwisataan di Sulawesi Barat.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja mengatakan Sinergitas dan kolaborasi Kementerian Hukum dan HAM dalam melestarikan dan mengembangkan budaya dan pariwisata di Sulawesi Barat, serta mendorong pelaku UMKM menjadi usaha yang maju dan berdaya saing. 

“Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat berkomitmen untuk terus mendukung berbagai kebijakan dalam mempromosikan potensi UMKM dan kebudayaan lokal Sulawesi Barat,” ujar salah satu Kakanwil unit wilayah pimpinan Menkumham, Supratman itu.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut