get app
inews
Aa Read Next : Kapolda dan Ketua PD Bhayangkari Sulbar Lepas Kepulangan Presiden Jokowi Usai Kunker di Sulbar 

Kadis Pendidikan Sulbar Tinjau Lokasi Kebakaran di SMAN 1 Malunda

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:31 WIB
header img
Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) M. Natsir meninjau lokasi kebakaran. Foto: iNewsMamuju.id/Busriadi

MAJENE, iNewsMamuju.id - Pasca kebakaran Gedung Laboratorium SMA Negeri 1 Malunda di Kabupaten Majene, Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) M. Natsir meninjau langsung lokasi kebakaran, Ahad (15/1/2023).

Natsir menjelaskan, jika dilihat dari asumsi sepintas memang kebakaran gedung diakibatkan korsleting listrik. Sehingga merusak ruang utama sekolah.

"Walaupun memang ruangan ini perlu mendapat renovasi sebenarnya pasca bencana (gempa). Dan kebakadan ini beberapa peralatan lab biologi hangus terbakar," kata Natsir di sela-sela melakukan kunjungan pasca kebakaran di SMAN 1 Malunda.

Oleh karena itu, ke depan pihaknya akan melakukan perencanaan untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). 

"Tidak bisa lagi direhab. Karena kalau direhab dengan kondisi yang meragukan terhadap keamanannya itu yang akan membuat kita salah dalam perencanaannya. Kita pikirkan ini RKB dan lab baru," jelasnya.

Menurutnya, dalam proses pembangunan RKB dibutuhkan waktu. Karena saat ini, proses perencanaan Dapodik 2023 sedang berjalan.

"Nanti di 2024 kita akan kawal sistem perencanaannya. Sehingga di 2024 dalam DAK 2024. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan," kata Natsir.

Namun dirinya berharap, kepala sekolah dan dewan guru bisa memanfaatkan ruang-ruang yang ada. Terutama pembangunan RKB DAK 2022 bisa dimanfaatkan dalam waktu singkat untuk diserahkan ke sekolah dalam penggunaannya.

"Ini mungkin solusi awal. Disamping itu kita akan merampungkan kepemilikan lahan sehingga ke depan itu memiliki ruang belajar representatif. Karena saya lihat ini ada gedung kita ada lahan masyarakat di tengah. Ini yang perlu kita rapikan dulu," tandasnya.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut