get app
inews
Aa Read Next : Tutup Pendaftaran, 3 Balon Bupati Mamuju Dipastikan Bersaing Rebut Rekomendasi PKB

Hampir 100 Persen Penduduk Terlindungi JKN, Pemkab Mamuju Raih UHC Award 2023

Rabu, 15 Maret 2023 | 08:11 WIB
header img
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi saat menerima UHC Award 2023 yang diserahkan Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pemerintah Kabupaten Mamuju raih penghargaan di bidang pelayanan kesehatan yakni Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Pemerintah Kabupaten Mamuju sejak Januari 2022 telah mendapatkan predikat Universal Health Coverage. Per tanggal 1 Maret 2023 sebanyak 280.674 jiwa penduduk telah terdaftar dalam program JKN dari total penduduk saat itu berjumlah 282.033 jiwa atau sebesar 99,52% jiwa.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku bangga dengan pencapaian tersebut. Kata Sutinah, fokus pemerintah saat ini memang pada semua sektor pelayanan dasar seperti kesehatan, capaian UHC ini merupakan wujud komitmen pemeritah. 

“Kami bangga atas pencapaian UHC ini. Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Mamuju, maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani peserta JKN,” katanya.

Ia menjelaskan Pemkab Mamuju sejak awal berkomitmen mewujudkan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat di Kabupaten Mamuju.

"Tujuan awal kita memang untuk menghadirkan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat sesuai dengan visi-misi Mamuju KEREN. Komitmen ini telah kami tunjukkan dari awal sejak kami dilantik, kita sudah menganggarkan puluhan miliar untuk sektor kesehatan, khususnya BPJS Kesehatan. Dan ini terus konsisten dari tahun ke tahun," jelas Sutinah.

Tina begitu sapaannya, memastikan kualitas layanan kesehatan juga akan terus ditingkatkan. 

"BPJS Kesehatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Saya juga menitip pesan, karena kami telah berkomitmen menghadirkan layanan kesehatan gratis, kita berharap juga mutu pelayanan kesehatan di Mamuju juga terus ditingkatkan, semua fasilitas kesehatan baik itu puskesmas maupun rumah sakit terus meningkatkan mutu layanannya," kata Sutinah.

"Mendapatkan penghargaan UHC ini yah bonus, karena memang tujuan awal kita mewujutkan layanan kesehatan gratis di Kabupaten Mamuju," tutup Sutinah.

 

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut