get app
inews
Aa Read Next : Daftar di PKB, Sutinah Lagi Jahit Koalisi Mamuju Keren Session 2

Puluhan Tahun Menanti, 2 Dusun di Desa Kalonding Akhirnya Dialiri Listrik

Rabu, 06 Maret 2024 | 20:14 WIB
header img
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi peresmian program listrik desa. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Penantian panjang selama puluhan tahun masyarakat Dusun Tabeang dan Pakkarawaan yang masuk wilayah terpencil di Desa Kalonding, Kecamatan Sampaga, Kabupaten Mamuju, Sulbar akhirnya dialiri listrik PLN. 

Lewat program Listrik Desa yang hari ini diresmikan penggunaannya oleh Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, mereka sudah dapat menikmati fasilitas aliran listrik konvensional seperti di tempat lain.

Harianto, salah seorang warga Pakkarawaan, mengatakan bahwa semenjak 30 tahun dirinya tinggal di wilayah tersebut baru pertama kalinya menikmati listrik langsung dari PLN. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, PLN, Pemerintah Kabupaten dan Provinsi karena telah kami rasakan listrik, kami di sini ada 40 kepala keluarga dan di Dusun Tabeang ada juga 40 KK," katanya

Harianto berharap, selain listrik, Pemerintah Kabupaten dan Provinsi juga melakukan perbaikan akses jalan ke wilayah tersebut lantaran kondisinya masih sangat buruk, termasuk tidak adanya sarana jembatan penyebrangan. 

Di tempat yang sama, Ruli Rizaluddin, Manager PT PLN (Persero) UP2K Provinsi Sulawesi Barat, mengatakan bahwa kegiatan peresmian penggunaan listrik merupakan acara simbolis untuk 70 wilayah di Sulbar yang baru saja memiliki akses listrik, yang dibagun sejak tahun 2023 hingga 2024.

"Masih ada 18 desa lagi di Sulbar yang belum memiliki akses listrik, jadi di Sulawesi Barat itu ada 648 desa dan 629 desa sudah berlistrik PLN, " kata Ruli Rizaluddin. 

Ruli Rizaluddin menjelaskan meski 18 desa tersebut belum memiliki listrik PLN, namun di antaranya sudah mendapat akses listrik tenaga surya termasuk wilayah kepulauan. 

Sementara itu, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menyampaikan, ucapan terima kasih kepada PLN Wilayah Sulselbar karena telah memberikan penerangan listrik ke wilayahnya. 

"Alhamdulillah hari ini Akhirnya warga di dua dusun kami merasakan kemerdekaan dengan adanya listrik, di sini masih ada 3 dusun yang belum, semoga tahun berikutnya bisa lagi mendapat listrik dari PLN. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada PLN," ucap Sutinah. 

Bupati juga mengatakan bahwa pembagunan jalur listrik telah dilakukan di 16 titik di Kabupaten Mamuju, ini merupakan bentuk perhatian kepada masyarakat agar dapat merasakan kehidupan yang layak dan baik. 

"Masih ada beberapa wilayah yang belum teraliri listrik. Semoga ke depannya biasa terus ditingkatkan oleh PLN. Selalu saya sampaikan jika selalu kolaborasi mulai dari pusat hingga desa apa yang tidak dapat diwujudkan, akan bisa dilaksanakan," kata Sutinah. 

Peresmian di Pusat Dusun Pakkarawaan dihadiri langsung oleh Ruli Rizaluddin, Manager PT PLN (Persero) UP2K Provinsi Sulawesi Barat dan Manager UP3 Mamuju, Manihar Kutahul serta ketua DPRD Sulawesi Barat Sitti Suraidah Suhardi.

Editor : Lukman Rahim

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut