Logo Network
Network

Polda Sulbar Tes Urine Sopir Bus Jelang Arus Mudik Idulfitri 1445 Hijriah

Redaksi
.
Selasa, 02 April 2024 | 10:28 WIB
Polda Sulbar Tes Urine Sopir Bus Jelang Arus Mudik Idulfitri 1445 Hijriah
Tes urine sejumlah sopir bus oleh Polda Sulbar

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan raya menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H, Bidang Pembinaan Dokter Kesehatan (Biddokkes) dan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulbar menggelar kegiatan Kepolisian Rutin yang Ditingkatkan (KRYD). 

Dengan mengandeng jasa raharja, kegiatan ini difokuskan pada pemeriksaan tes urine dan kelengkapan pengemudi para sopir bus yang beroperasi di wilayah Sulawesi Barat.

Dalam upaya menekan angka kecelakaan dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, kegiatan KRYD menjadi penting untuk dilaksanakan secara rutin. Salah satu aspek yang mendapat sorotan utama adalah kesiapan fisik dan mental pengemudi, yang dapat memengaruhi keselamatan berkendara.

Kabid Dokkes Polda Sulbar Kombes Pol dr. Effri Susanto, mengatakan tes urine menjadi salah satu metode penting dalam menilai kesiapan pengemudi. 

"Tes urine dilakukan untuk memastikan bahwa para pengemudi bus tidak mengonsumsi zat-zat terlarang yang dapat mempengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara," jelasnya.

Selain itu, kelengkapan pengemudi dan kendaraan juga menjadi fokus utama dalam kegiatan ini. Pengemudi diharuskan memastikan bahwa kendaraan yang mereka operasikan dilengkapi dengan perlengkapan standar. Dalam pengaturan lalu lintas yang padat, terutama selama arus mudik Lebaran, ketegasan dan kesigapan dalam menangani situasi darurat menjadi kunci. 

Dirlantas Polda Sulbar Kombes Pol Valentinus Virasandy Asmoro, menjelaskan, Kegiatan KRYD bertujuan untuk memastikan bahwa semua pengemudi bus siap menghadapi tantangan di jalan raya dan mampu memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi penumpangnya.

"Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan keselamatan semua pengguna jalan raya, terutama saat momen penting seperti arus mudik Lebaran. Kegiatan KRYD ini merupakan wujud nyata dari komitmen tersebut," ujar Valentinus Virasandy Asmoro.

Para sopir bus yang melalui pemeriksaan tes urine dan kelengkapan kendaraan menyambut kegiatan ini dengan positif. Mereka menyadari pentingnya menjaga kondisi fisik dan mental agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang mereka. 

Dalam kegiatan KRYD Personel Ditlantas Polda Sulbar juga memberikan penyuluhan tentang pentingnya keselamatan berkendara dan pemahaman terhadap peraturan lalu lintas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan-aturan yang berlaku di jalan raya.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan KRYD, diharapkan dapat tercipta lingkungan berkendara yang lebih aman dan tertib, tidak hanya selama arus mudik Lebaran, tetapi juga sepanjang tahun. Keselamatan adalah tanggung jawab bersama, dan semua pihak perlu berperan aktif dalam menjaga keamanan di jalan raya," Tutup Valentinus Virasandy Asmoro.

Editor : Zuajie

Follow Berita iNews Mamuju di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.