get app
inews
Aa Read Next : Nama Isra D Pramulya Mencuat di Pilkada Polman: Siapa Dia Sebenarnya?

Empat Lembaga Survei Rilis Elektabilitas Calon Bupati Polman 2024 

Jum'at, 14 Juni 2024 | 10:03 WIB
header img
Rilis lembaga survey Pilkada Polman. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Empat lembaga telah merilis hasil survei Calon Bupati Polman 2024. Empat lembaga tersebut menempatkan sejumlah figur yang dinilai relatif mampu melewati fase kandidasi Pilkada Polman.

Rilis survei empat lembaga tersebut dirangkum oleh Logos Politika dengan beberapa catatan.

“Disclaimer dulu ya, ini bukan hasil survei kami tapi rilis survei empat lembaga yakni, Trust Indonesia Research, Citra Komunikasi LSI, PUSDEHAM dan Sigma Research Indonesia yang secara resmi telah dibuka ke publik. Kami merangkum saja dengan catatan-catatan untuk dianalisis secara benar tidak taken for granted.” Ujar Direktur Logos, Maenunis.

Besaran angka persentase tiap lembaga yang berbeda, menurutnya bisa dimaklumi karena menggunakan variabel berbeda ketika wawancara dilakukan.

“Besar kecilnya angka persentase yang ditampilkan satu lembaga dengan lembaga lain bukan masalah. Itu karena hasil simulasi yang ditampilkan dalam rilis memang berbeda. Yang menampilkan 14 atau 8 calon pasti lebih kecil angka persentasenya dibanding dengan 6 dan 3 calon. Jadi, fokusnya jangan pada angka persentase antar lembaga tapi pada angka persentase antar calon dalam satu lembaga survei.” Imbuhnya.

Skala waktu pelaksanaan survei bulan April-Mei dinilai masih relevan dengan dinamika preferensi politik masyarakat serta masih up to date sebagai referensi dan bahan data komparasi.

Ia menyebut nama-nama yang terjaring lima besar dalam survei, dipastikan menjadi paling berpeluang lolos ke pencalonan.

“Dari survei empat lembaga tersebut, H. Samsul Mahmud tertinggi versi PUSDEHAM dan Sigma Reseacrh Indonesia. Salim S. Mengga tertinggi versi Trust Indonesia Research dan Masri Masdar tertinggi versi Citra Komunikasi LSI. Jika dirangkum maka, Samsul Mahmud, Masri Masdar, Salim S. Mengga, Dirga Singkarru dan Bebas Manggazali masuk dalam lima besar serta potensial lolos dalam kandidasi Pilkada Polman 2024.” Pungkas Maenunis.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut