MAMUJU, iNewsMamuju.id - Kanwil Kemenkum Sulbar menerima kunjungan dari Koordinator Rumah BUMN Mamuju. Rabu (22/1/2025).
Kanwil Kemenkum Sulbar dalam hal ini Bidang Pelayanan AHU menerima Nia Asniati, selaku Koordinator Rumah BUMN Kabupaten Mamuju.
Kunjungan Rumah BUMN Mamuju itu membahas terkait perseroan perorangan dan optimalisasi penggunaan aplikasi AHU, khususnya pada aspek monitoring perseroan perorangan.
Wardi menyampaikan sejumlah arahan Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Hidayat untuk terus membangun kolaborasi dan sinergi dengan stakeholder.
“Sehingga koordinasi yang dilakukan oleh koodinasi Rumah BUMN ini adalah satu wadah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat” pungkasnya
Sementara itu, Nia Asniati memberikan penjelasan mendalam mengenai kondisi lapangan dan kendala yang dihadapi, termasuk permasalahan-permasalahan yang dihadapi beberapa waktu belakangan dalam pengguna aplikasi AHU.
Ia menyoroti perlunya penguatan sosialisasi terkait fitur-fitur dalam aplikasi AHU yang mendukung pengelolaan perseroan perorangan, serta pentingnya dukungan teknis bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang menjadi sasaran utama perseroan perorangan.
“Hambatan utama yang diungkap adalah kurangnya pemahaman teknis oleh pelaku usaha terkait pengisian data perseroan dan prosedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan persetujuan” tambahnya
Tak hanya itu, diskusi dilanjutkan dengan sejumlah solusi teknis, seperti penyederhanaan panduan pengguna aplikasi AHU dan peningkatan fitur yang lebih user-friendly, khususnya dalam pengelolaan data perseroan perorangan.
Langkah strategis lainnya mencakup rekomendasi dalam hal evaluasi dan perbaikan teknis pada fitur aplikasi AHU untuk memudahkan proses validasi dan proses menjalankan perseroan perorangan, termasuk penyempurnaan antarmuka aplikasi agar lebih mudah dipahami oleh pengguna awam.
Secara terpisah, Kakanwil Kemenkum Sulbar, Sunu Tedy Maranto mendukung upaya yang dilakukan oleh jajaran Bidang AHU.
Sehingga, salah seorang Kakanwil dibawah kepemimpinan Menkum, Supratman Andi Agtas itu agar Bidang Pelayanan AHU terus melakukan tinjauan komprehensif mengenai kendala dan kebutuhan pengguna aplikasi AHU, sebagai dasar untuk pengembangan sistem di masa medatang.
Editor : Lukman Rahim