PD Bhayangkari Sulbar Kunjungi Desa Pattidi Simboro Peduli Seniman 

ILu
Nenek Halidjah bersama Ketua PD Bhayangkari Sulbar Miranti Adang. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Berbagai kegiatan kemanusian terus dilakukan Pengurus daerah (PD) Bhayangkari Sulbar dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-71.

Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua PD Bhayangkari Sulbar Miranti Adang kali ini menyambangi Dusun Tampa'Palado, Desa Patti'di, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju.

Dalam kunjungan kali ini, selain untuk menyalurkan Bantuan sosial juga menyambangi kediaman nenek Halidjah salah seorang wanita yang mahir bermain alat musik tradisional kecapi (kacaping).

Ketua PD Bhayangkari Sulbar Miranti Adang, mengatakan bahwa kunjungan Pd Bhayangkari Sulbar ke Dusun Tampa'Palado, Desa Patti'di, Kecamatan Simboro masih dalam rangkain Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 71 sekaligus menyalurkan bantuan sosial.

"Kegiatan bakti sosial itu merupakan bentuk kepedulian dan bentuk rasa kemanusiaan antarsesama," Kata Miranti Adang, Minggu (10/9/2023).

Usai melaksanakan bakti sosial bersama pengurus PD Bhayangkari lainya. Istri Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar ini juga menyambangi kediaman nenek Halidjah seniman Pakkacaping dari tanah mandar ini. 

"Dengan kecapi (kacaping), yang dimainkan Ibu Halidjah, dawai pemenuh janji langit. Ada rindu ada haru, sayapun  tertunduk malu. Hanya dengan 2 helai senar, sang nenek berinteraksi dengan sang pencipta, dalam lirih nada dan doa dalam memainkan alata musik kecapi," Ujar Miranti Adang.

Pakkacaping merupakan tradisi orang Mandar dalam bentuk sastra lisan. Instrumen yang digunakan adalah kecapi (kacaping) berbentuk seperti gitar tetapi agak panjang dan ramping dan hanya memiliki dua tali.

Editor : A. Rudi Fathir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network