Kamu Lahir di Bulan Desember? Mungkin Ada Kesamaan dengan 5 Tokoh Dunia Berikut Ini

Gidion Pasande
Lia Tokoh Dunia. Foto: inewsMamuju.id

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Desember merupakan bulan terakhir sebelum datang tahun yang baru. Di bulan Desember juga, ada hari besar yang setiap tahun dirayakan umat Kristiani, yakni Natal

Selain ada perayaan Natal dan menyambut tahun baru, mungkin diantara kalian yang juga merayakan hari ulang tahun di bulan ke-12 ini. Jika ya, kabar baik, karena kalian berulang tahun di bulan yang sama dengan banyak tokoh besar dunia. 

Siapa tahu bukan hanya bulan, namun tanggal dan harinya sama, berikut daftar orang besar yang lahir di bulan Desember :

1. Isaac Newton (25 Desember 1642).

Satu dari sekian ahli fisika yang paling terkenal sepanjang masa ini rupanya lahir di bulan Desember juga. Isaac Newton adalah ahli fisika dan matematika asal Inggris yang dikenal dengan hukum-hukum fisikanya. 

Dirinya dikenal sebagai sosok yang penting dalam Revolusi Sains di abad ke-17. Di tahun 1687, Newton menerbitkan Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Prinsip-Prinsip Matematika dalam Filosofi Alamiah) yang dipandang sebagai karya terpenting di bidang fisika. 

Sepanjang hidupnya, Newton mungkin dipandang sukses berkat temuan ilmiahnya yang menjadi dasar ilmu fisika. Tapi sampai akhir hayatnya, Newton tidak menikah dan hanya memiliki sedikit teman. 

2. Walt Disney (5 Desember 1901).

Pendiri studio animasi terkemuka di dunia. Walter Elias Disney memulai kariernya membuat kartun di tahun 1920-an. 

Popularitas yang meroket membuatnya mendirikan studionya sendiri dan melahirkan Mickey Mouse Disney mulai memproduksi film animasi berdurasi penuh di tahun 1937 dengan Snow White and the Seven Dwarfs. 

Di tahun 1955, Disneyland yang pertama dibuka pada tahun 1955 di California,  Amerika Serikat. Semasa hidupnya, Disney dikenal memiliki standar dan ekspektasi yang tinggi terhadap orang-orang yang bekerja dengannya. Disney juga dipandang sebagai sosok yang hangat dan mudah bergaul di hadapan publik. 

Sampai saat ini, perusahaan Walt Disney telah berkembang menjadi perusahaan multinasional yang bergerak di berbagai macam bidang. 

3. Ludwig van Beethoven (16 Desember 1770).

Siapa yang tidak kenal komposer satu ini. Mereka  yang tidak begitu paham musik klasik pun setidaknya pernah mendengar nama Beethoven. 

Ludwig van Beethoven juga salah satu tokoh dunia yang lahir di bulan Desember. Sebagai komposer sekaligus pianis asal Jerman.

Beethoven dikenal sebagai salah satu sosok jenius sepanjang masa di bidang musik. Karya-karyanya dikenal inovatif karena telah menggabungkan vokal dan instrumen, sehingga memperluas genre sonata, simfoni, konserto, dan kuartet. Kehidupan pribadi Beethoven ditandai dengan perjuangannya melawan ketulian. 

Walau demikian, Beethoven tetap berkarya. Bahkan, beberapa musiknya yang terkenal dikomposisi di 10 tahun terakhir hidupnya, ketika ia sudah tidak dapat mendengar. 

4. Jane Austen (16 Desember 1775). 

Salah satu sastrawan yang terkenal  adalah Jane Austen dan ia lahir di bulan Desember, Austen dikenal sebagai penulis dari era Georgia dan karyanya yang popular termasuk Sense and Sensibility dan Pride and Prejudice yang berisi komentarnya terhadap kondisi sosial saat itu.

Austen sendiri sudah mulai berkarya di bidang sastra sejak masih muda, namun ia baru merilis novelnya di tahun 1811, saat berusia 36 tahun, sebagai anonim. 

Jane Austen baru diumumkan sebagai penulis dari buku-bukunya tidak lama setelah ia meninggal di usia 41 tahun. Beberapa karyanya, seperti Sanditon dan Persuasion diterbitkan setelah ia meninggal. Dua karyanya yang paling terkenal, yaitu Sense and Sensibility dan Pride and Prejudice dianggap sebagai sastra klasik yang berusaha menjembatani antara romansa dan realisme. 

5. Joseph Rudyard Kipling (30 Desember 1865).  

Membaca atau menonton The Jungle Book yang mengisahkan anak laki-laki bernama Mowgli yang dibesarkan oleh hewan-hewan di dalam hutan, adalah karya Rudyard Kipling, juga kelahiran bulan Desember. 

Rudyard lahir di India, menempuh pendidikan di Inggris, dan kembali ke India. Setelah menikah, ia tinggal di Vermont, Amerika Serikat, dan mulai menulis The Jungle Book yang diterbitkan tahun 1894. Kipling menerima penghargaan Nobel di bidang Sastra tahun 1907.

Editor : A. Rudi Fathir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network