Gelontorkan Rp60 M Tiap Tahun, Bupati Mamuju: Saya Tidak Mau Ada Warga Tidak Mampu Berobat

Redaksi
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi saat meresmikan dua Puskesmas. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi mengatakan, setiap tahun pemerintah Kabupaten Mamuju menggelontorkan anggaran yang cukup besar di sektor kesehatan. 

Dengan anggaran yang besar setiap tahunnya, ia berharap, tak ada lagi masyarakat yang mengalami kesulitan saat ingin berobat. 

 

Hal ini disampaikan saat meresmikan dua puskesmas yakni Puskesmas Ranga-ranga Kecamatan Kalukku dan Puskesmas Topore Kecamatan Papalang. Rabu (8/5/2024). 

Ia mengungkapkan, pembangunan sarana kesehatan memang menjadi salah satu prioritas pembangunan bersamaan dengan sektor pendidikan yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Mamuju. Sebab menurutnya, sektor tersebut merupakan hak dasar masyarakat yang harus terpenuhi. 

 

"Saya tidak mau ada masyarakat saya yang harus gigit jari hanya karena tidak mampu berobat kalau sakit, atau harus menjual rumah dan kebun kalau mau ke Puskesmas, sebab itu kita telah prioritaskan untuk membiayai sektor kesehatan, meliputi jaminan kesehatan gratis yang sudah kita anggarkan tiap tahun mencapai Rp60 milliar, sampai pembangunan sarana kesehatan seperti yang kita saksikan di Puskesmas ini." tutur Sutinah Suhardi.

 

Untuk diketahui, Puskesmas Ranga-ranga dibangun sejak tahun 2023 menelan anggaran hampir Rp7 milliar. Sedangkan Puskesmas Topore dibangun di tahun 2023, menelan biaya hampir Rp9 Milyar. 

Sutinah berharap, hadirnya Puskesmas berstatus rawat inap tersebut dapat menjadi motivasi bagi tenaga kesehatan untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat. Ia juga berpesan agar bangunan Puskesmas dapat dijaga dan dipelihara dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Ranga-ranga mencakupi wilayah kerja yang meliputi Desa Pammulukkang dan UPTD Marano, dengan jumlah penduduk sebanyak 2.551 jiwa.

Sedangkan Puskesmas Topore meliputi wilayah kerja Desa Toabo, Papalang, Bonda, Topore, Salukayu, Sukadamai, Boda-boda, Sisango dan Desa Batuampa dengan jumlah penduduk 24.586 jiwa.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network