get app
inews
Aa Read Next : Idris di Kompetensi Appe Sulapa dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas: Mereka Pemimpin Masa Depan

Ryan Hidayat, Aktor Paling Ganteng Era 1990-an Meninggal di Puncak Karier

Selasa, 01 November 2022 | 17:28 WIB
header img
Ryan Hidayat Akto Paling Ganteng Era 1990-an (Instagram)

MAMUJU, iNewsMAmuju.id - Ryan Hidayat merupakan aktor populer di era 1990-an. Wajah gantengnya menghiasi banyak judul film dan digandrungi kawula muda pada masa itu.    

Pria kelahiran Praha, Cekoslowakia, 11 September 1970 ini memiliki darah campuran. Sang ayah Ir KA Hidayat merupakan orang Indonesia, dan sang ibunda, Eva Jaryjova berasal dari Republik Ceko.    

Dalam dunia film, Ryan mulai kariernya sejak kecil lewat film Anna Maria yang rilis pada 1979. Dalam karya garapan sutradara Hasmanan ini, Ryan beradu akting dengan Marini, Dana Christina, dan Ratno Timoer.   

Setelah itu, kariernya sebagai bintang cilik berjalan mulus dengan membintangi film Nakalnya Anak-Anak (1980), Lembah Duka (1981), Sangkuriang (1982), dan Midah Perawan Buronan (1983).   

Memasuki remaja, pria berdarah Indonesia-Ceko ini makin melejit saat menjadi pemeran utama di film Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak dan Lupus II: Makhluk Manis dalam Bis pada 1987. 

Tahun 1990-an menjadi masa kejayaan Ryan. Dia eksis membintangi sejumlah film, termasuk melanjutkan perannya sebagai Lupus dalam Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar (1991) dan Lupus V: Iih, Syereem! (1991).    

Seiring kepopulerannya, nama Ryan juga dikabarkan menjalin asmara dengan penyanyi top di era 1990-an, satu di antaranya Nike Ardilla. Sang aktor sempat menjadi model video klip lagunya bertajuk Suara Hatiku pada 1995.    
Sayang, Ryan tak memiliki masa hidup panjang. Di tengah kejayaannya sebagai aktor Tanah Air, dia meninggal dunia karena sakit tifus pada 8 Februari 1997.   

Ryan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Kematiannya ini menyusul Nike Ardilla, yang lebih dulu meninggal pada 19 Maret 1995 akibat kecelakaan mobil.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mengenang Ryan Hidayat, Aktor Paling Ganteng Era 1990-an Meninggal di Puncak Karier,"

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut