get app
inews
Aa Read Next : Diatensi Menkes RI, Ketua PD Bhayangkari Sulbar Fokus Penanganan Stunting 

Stunting jadi Persoalan Krusial, Ketua Bhayangkari Polres Mateng Lakukan Ini

Jum'at, 24 Februari 2023 | 20:26 WIB
header img
Saat Bhayangkari Polres Mateng memberikan vitamin A pada anak anak di Posyandu. Foto : Humas Polres Mateng

MATENG, iNewsMamuju.id - Stunting masih menjadi persoalan krusial di Sulbar begitu juga Mamuju Tengah (Mateng).

Bahkan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menaruh perhatian tentang hal itu saat berkunjung ke Sulbar. 

Olehnya itu, sebagai salah satu kepedulian terhadap persoalan itu, Bhayangkari Polres Mateng membagikan vitamin A pada anak - anak.

Kegiatan itu dilakukan, di Posyandu Kemala PD Sulbar/XL-08 pada Jumat, (24/02/2023) pagi tadi.

Bhayangkari juga memberikan makanan tambahan kepada balita sebagai upaya pencegahan stunting.

Ketua Bhayangkari Polres Mateng, Shinta Amri Yudhy menjelaskan, stunting merupakan salah satu kondisi masalah kesehatan yang tengah menjadi perhatian dunia, terutama bagi negara-negara berkembang, tak terkecuali di Indonesia. 

Stunting, kata Shinta merupakan adanya hambatan pada tumbuh kembang anak. Kondisi ini sering terjadi kepada anak-anak dengan rentang usia 24-59 bulan. 

"Stunting ditandai dengan kondisi balita yang memiliki tinggi badan kurang dari balita lain seusianya atau memiliki tinggi badan di bawah standar pertumbuhan," kata Shinta Amri Yudhy, pada keterangan tertulisnya. 

Ia menerangkan, stunting termasuk dalam gangguan pertumbuhan yang diakibatkan karena tidak sesuainya jumlah asupan gizi yang harus diterima dan kurangnya kualitas gizi tersebut. Masalah kesehatan ini akan menyebabkan terganggunya tumbuh kembang anak, terutama dalam seribu hari pertama kehidupan (HPK). 

"Orang tua yang minim pengetahuan mengenai pemberian gizi seimbang akan sangat berbahaya apabila tidak segera diberi penyuluhan. Maka, pentingnya pemahaman mengenai kualitas dan kuantitas gizi yang harus diberikan pada anak merupakan satu langkah pencegahan stunting," jelasnya.

Namun, tambahnya, terdapat pula satu cara yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan terjadinya stunting pada anak, yaitu dengan pemberian vitamin A. 

"Pemberian vitamin A pada anak merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menangani permasalahan gizi. Anak yang kekurangan vitamin A bisa rentan terserang berbagai penyakit dan infeksi," sebutnya.

Selain pemberian vitamin, Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju Tengah turut melaksanakan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, serta penyuntikan imunisasi.

Tidak hanya itu saja, pada kesempatan ini Ketua Bhayangkari Cabang Mamuju tengah turut memberikan tali asih kepada para kader Posyandu Kemala /PD.SULBAR / XL– 08 sebagai bentuk perhatian Ketua Bhayangkari Cabang Mateng. 

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut