get app
inews
Aa Read Next : Korlantas Polri Resmi Launching SIM C1, Ditlantas Polda Sulbar Lakukan Sosialisasi

Operasi Zebra Marano Polda Sulbar Berakhir, Total ada 4.557 Pelanggaran 

Senin, 18 September 2023 | 11:30 WIB
header img
Dirlantas Polda Sulbar Kombes Pol Valentinus Asmoro. Foto: Fathir

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Digelar selama 14 hari lamanya, Operasi Zebra Marano 2023 Polda Sulawesi Barat dinyatakan berakhir.

"Tepat Tanggal 17 September kemarin operasi zebra Marano 2023 dinyatakan berakhir," Kata Dirlantas Polda Sulbar Kombes Pol Valentinus Asmoro, Senin (18/9/2023).

Valentinus Asmoro, menjelaskan, jika selama 14 hari pelaksanaan operasi tersebut banyak hal yang perlu di evaluasi dan sangat disayangkan pasalnya data pelanggaran dan kecelakaan meningkat jika dibandingkan dengan data operasi tahun sebelumnya.

"Selama 14 pelaksanaan operasi zebra data pelanggaran dan kecelakaan meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya," Ujar Valentinus Asmoro.

Lanjut dikatakan, Dari data pelanggaran berdasarkan rekapan hasil Operasi selama 14 hari jumlah keseluruhan hasil dari operasi zebra tahun ini, sebanyak 4.557 penindakan dengan rincian Etle Mobil 40 pelanggar, tilang manual sebanyak 1.755 kasus dan jumlah teguran itu, ada 2.762 kasus selama operasi.

"Dari tiga penindakan pelanggaran ini, termasuk teguran jumlah tilang megalami kenaikan 78,10 persen. Itu jika dibanding dengan capaian Operasi Zebra 2022 dengan jumlah tilang hanya sebanyak 998 pelanggar," Jelasnya.

Terakhir kata, Valentinus Asmoro, Untuk data kecelakaan sendiri tercatat ada 35 kejadian selama operasi zebra 2023 dengan rincian meninggal dunia 3 orang, luka berat 6 orang, luka ringan 34 orang dan kerugian materil sebanyak Rp. 160.500.000. Jika dibandingkan dengan data kecelakaan sebelumnya secara keseluruhan baik korban hingga kerugian materil semuanya meningkat.

"Intinya kita sangat berharap dengan data ini masyarakat bisa belajar dan lebih sadar berlalu lintas dan bisa bersama-sama menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan demi mewujudkan kamseltibcarlantas," tutup Valentinus Asmoro.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut