get app
inews
Aa Read Next : Oknum Kades di Mamasa Ancam Bunuh dan Bungkus Wartawan dengan Baliho

Kepala Sekolah Perempuan Ini Temui Jokowi Lapor Bangunan SMP Negeri 3 Balla Mamasa Memprihatinkan

Rabu, 24 April 2024 | 07:50 WIB
header img
Jayanti, seorang ibu di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, menunjukkan keberanian yang memukau dalam usahanya. Meski harus melewati penjagaan ketat dari polisi dan Paspampres, ia tak gentar untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sosok yang amat ia kagumi. Foto: Ist

Kunjungan Jokowi ke Mamasa Disambut Antusias Warga

Kedatangan Presiden Jokowi disambut dengan antusias oleh warga Mamasa yang berkumpul di sekitar RSUD dan Pasar Tumpah Mamasa. Pengamanan diperketat, terutama dalam mengatur interaksi antara Presiden dengan masyarakat guna menjaga keamanan.

 Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Beliau meninjau Pasar Tumpah untuk memeriksa kondisi harga bahan pokok dan infrastruktur pasar.

Dilansir oleh Biro Sekretariat Presiden pada Selasa (23/4/2024), Jokowi memeriksa harga komoditas di pasar tersebut. Beliau mengapresiasi kualitas dan harga beras lokal yang menurutnya layak dijadikan contoh oleh provinsi lain di Indonesia.

"Saya melihat harga-harga di sini stabil dibandingkan dengan provinsi lain. Seperti bawang merah yang harganya baik, cabai merah keriting yang harganya Rp 40 ribu, bawang merah Rp 33 ribu, dan beras lokal yang bagus dengan harga Rp11 ribu," ujar Jokowi.

Terkait dengan kondisi pasar saat ini, Jokowi berkomitmen untuk membangun pasar baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Beliau meminta pemerintah daerah menyiapkan lokasi yang berdekatan dengan pasar Tumpah yang ada saat ini.

"Kami berencana membangun pasar baru di lokasi yang berdekatan dengan pasar Tumpah saat ini," ungkap Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata di Mamasa untuk melihat infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di rumah sakit tersebut.

Dalam kunjungannya, Jokowi memeriksa loket pelayanan BPJS Kesehatan serta poliklinik seperti poli THT, poli interna, poli bedah, neurologi, dan poli stunting. Beliau juga memeriksa lantai 2 rumah sakit yang tidak terpakai.

"Ada lantai 2 dan lantai 3 yang belum terpakai. Tim dari Menteri PU akan datang untuk melihat apa yang bisa diperbaiki," kata Jokowi.

Jokowi juga menyadari pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kesehatan di Mamasa. Beliau akan mendorong peningkatan kesiapan SDM kesehatan dengan memberikan pendidikan spesialis bagi para dokter.

"Kami akan menyekolahkan beberapa dokter spesialis untuk meningkatkan kesiapan SDM di sini," tambahnya.

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah juga akan menyediakan peralatan medis canggih seperti cath lab, mammografi, dan CT scan. Ini menunjukkan pendekatan bertahap pemerintah dalam memastikan infrastruktur dan SDM siap sebelum pengadaan peralatan medis yang mahal.

Turut serta mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakhrulloh, dan Pj. Bupati Mamasa Muhammad Zain.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut