get app
inews
Aa Read Next : Gerak Mamasa Sorot Pinjaman Pemda Melakui Bank Sulselbar, Nilainya Rp32,5 Milliar

Bank Sulselbar Segera Kembalikan Uang Nasabah, Bagi yang Tidak Tercatat?

Rabu, 30 November 2022 | 09:48 WIB
header img
Foto: kantor Bank Sulselbar Mamuju

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Berdasarkan pengaduan nasabah Bank Sulselbar sebanyak 37 orang yang mengaku dananya raib dalam tabungan dengan total dana diperkirakan Rp 10 milliar.

Namun, berdasarkan informasi dan verifikasi sampai saat ini, kerugian nasabah yang tercatat sekitar Rp 6 milliar dan yang tidak tercatat pada bank sekitar Rp 1 milyar.

Sebanyak 37 nasabah yang melaporkan kehilangan uang itu yang tercatat pada Bank Sulselbar hanya ada 31 orang, sedangkan 6 nasabah tidak tercatat.  

Sesuai rilis resmi Bank Sulselbar pada Selasa (29/11/2022), mekanisme pembayaran atau penggantian dilakukan secara bertahap, terlebih dahulu dilakukan kepada nasabah yang dananya tercatat pada bank pada kesempatan pertama.

Khusus bagi nasabah yang dananya tidak tercatat pada bank, maka bank akan melakukan pendalaman dan penelusuran lebih lanjut atas bukti-bukti yang ada. 

Jika ditemukan bukti kuat dan valid bahwa terindikasi adanya kelalaian nasabah atas adanya transaksi penarikan atau penyetoran rekeningnya maka sesuai dengan POJK nomor 6 tahun 2022 Pasal 8 tentang perlindungan konsumen dan masyarakat di sektor keuangan bahwa apabila terbukti merupakan kelalaian nasabah maka bukan tanggung jawab Bank untuk mengganti kerugian yang timbul.

Bank Sulselbar akan mengembalikan dana nasabah yang raib pada Kamis 01 Desember 2022 mendatang.

"Kamis kita akan kembalikan dana nasabah, tetapi yang didahulukan yang tercatat dalam pembukuan bank. Jumlahnya kurang lebih Rp 6 Miliar sesuai dengan jumlah dikurangi dengan cashback yang telah diterima para nasabah," jelas Ketua Tiim Audit Bank Sulselbar Muhammad Fadli.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut