get app
inews
Aa Read Next : Rakercab Hipmi Bontang, Awin: Kita Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Tujuh Puskesmas di Mamasa Sudah Akreditasi, Dana Non Kapitasi Belum Cair 

Rabu, 06 Desember 2023 | 18:47 WIB
header img
Petugas Puskesmas Tabulahan Foto Bersama Sesudah Akreditasi ( Foto Jupran INews Mamuju)

MAMASA, iNewsMamuju.idSebanyak 18 Puskesmas di Kabupaten Mamasa, Sulawesi barat ( Sulbar), melaksanakan akreditasi.

Tujuan diberlakukannya akreditasi puskesmas adalah untuk membina puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya untuk berkelanjutan memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

Dikabarkan 7 Puskesmas di Mamasa sudah melakukan akreditasi. Meskipun Puskesmas ngos-ngosan mencari dana untuk mereka pakai demi berjalannya proses Akreditasi.

Kepala Puskesmas Tabulahan, Iriana mengatakan bahwa pembiayaan yang mereka pakai untuk akreditasi adalah kebijakan dari Kapus. Sebab yang dinilai adalah hasil kerja kita.

"Kalau untuk pendanaan sebagai pimpinan kita harus berkorban . Meskipun Pj Bupati Mamasa pernah mengatakan bahwa dana Nonkapitasi Puskesmas di Mamasa, akan dikondisikan," Kata Iriana saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Rabu 06/11/23.

Diungkapkan Iriana meskipun dana Nonkapitasi belum cair hingga saat ini, namun itu bukan penghalang bagi para Kapus di Mamasa untuk melakukan akreditasi.

" Sebab yang paling penting adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat yang utama," Ungkapnya.

Dilanjutkan Iriana bahwa Puskesmas Tabulahan sendiri diakreditasi Madya pada tahun 2018 lalu. Dan itu kamu akui melompat langsung ke Akreditasi Madya.

" Kalau dalam aturan Puskesmas harus Akreditasi dasar dulu. Baru Madya, namun karena kerja keras kami sehingga bisa melompat," Lanjut Bidan Iriana.

Iriana berharap agar Akreditasi yang telah selesai dilaksanakan di Puskesmas Tabulahan yang dipimpinnya bisa kembali melompat.

" Semoga bisa langsung Akreditasi Paripurna. Sebab itu yang kami targetkan bisa sampai Paripurna, karena soal persyaratan untuk menargetkan Akreditasi Paripurna kami sudah penuhi. Mulai dari dokumen, sarana dan prasarana kami sudah lengkapi semua," Harap Iriana.

Ditempat yang sama Kadis Kesehatan Dr Ratna yang diwawancarai wartawan membenarkan terkait dana Nonkapitasi Puskesmas yang hingga kini belum dibayarkan.

" Memang benar belum dibayarkan dana Nonkapitasi Puskesmas, dalam proses pencairannya. Sebab pada hari Ulang Tahun Kesehatan, Pj Bupati pernah berjanji akan di upayakan dibayarkan," Kata Ratna.

Ia berjanji bahwa dana Nonkapitasi akan dibayar. Meskipun waktu tidak bisa ditentukan kapan akan dibayarkan.

" Sementara di urus. Nantipi itu, meskipun dana Nonkapitasi adalah haknya teman-teman, yang paling penting pelayanan bisa maksimal," Tandasnya.

Editor : Zuajie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut