Diduga Loloskan Tim Sukses, JPPR Sulbar Bakal Seret Timsel Bawaslu ke DKPP

Syamsul Bahri
Suasana sekretariat timsel Bawaslu kabupaten se Sulbar beberapa waktu lalu

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Tim seleksi (Timsel) calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di enam kabupaten se Sulbar baru saja umumkan para calon yang lolos tes kesehatan dan tes wawancara. 

Meski demikian, hasil tersebut tuai sorotan publik salah satunya dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sulawesi Barat (Sulbar).

"Pengumuman sempat tertunda beberapa waktu," ungkap Ketua JPPR, Erwin kepada media ini, Senin (1/8/2023).

Sebagaimana diketahui, pengumuman nama-nama yang dinyatakan lolos ke tahap uji kelayakan baru ramai diketahui sekira pukul 10.00 WITA pagi tadi, sementara tanggal pengumuman yang tertera yakni 31 Juli 2023 kemarin.

Menurut Erwin, molornya pengumuman calon anggota bawaslu di enam kabupaten se Sulbar oleh timsel menjadi celah yang luas kepada pemangku kepentingan untuk melakukan manuver.

Hal ini di nilai bisa saja merongrong integritas timsel dalam menetapkan calon anggota Bawaslu. 

Terbukti kata Erwin, sejumlah nama yang diduga pernah menjadi tim sukses calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lolos dalam enam besar calon anggota Bawaslu. 

"Darmono diduga kuat pernah menjadi tim sukses salah satu calon Bupati Pasangkayu tahun 2020, juga ada Muhammad Asri Samual di Majene," papar Erwin.

Dia menyayangkan kejadian tersebut, dan minta kepada DKPP untuk melakukan pencermatan dan peninjauan terhadap independensi serta integritas timsel calon anggota Bawaslu. 

"Persoalan ini bakal kami bawa ke DKPP, " tegas Erwin.

Editor : Zuajie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network