Soal Budidaya Kakao di Sulbar, Hatta Kainang: Masih Ada Harapan

Mubarak
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulbar Hatta Kainang saat mengunjungi kebun kakao SMK Kakao Kalukku. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Beberapa tahun terakhir komoditas kakao di Sulbar tidak bisa lagi menjadi andalan bagi petani. Padahal bila menengok ke belakang, kakao menjadi tumpuan mayoritas masyarakat di Sulbar.

Sulitnya mendapatkan bibit, pupuk, serangan hama yang tak terkendali sampai harga jual yang tak menentu merupakan sederet masalah yang melilit para petani.

Namun, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulbar Hatta Kainang mengatakan masih ada harapan untuk mengembalikan kejayaan kakao. Pernyataan disampaikan saat mengunjungi SMK Kakao di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Sabtu (7/1/2023).

"Saya sementara ada kebun SMK Kakao Kalukku dan ternyata kakaonya menghasilkan buah (bagus) seperti ini, kalau melihat seperti ini berarti kita masih ada harapan untuk membangkitkan kakao di Sulawesi Barat dalam hal ini Mamuju," kata Hatta.

Hatta mengaku serius untuk kembali mendorong budidaya kakao. Melalui posisinya sebagai anggota legislatif hal ini bakal segera dikomunikasikan dengan pihak terkait.

"Iye rencana kami akan bertemu pak Kadis Pendidikan untuk siswa yang magang diluar untuk menjadi jurkampanye kembali tanam kakao di masyarakat dan ini kita sarankan dilaunching secara terbuka," jelasnya.

Tak sampai disitu, kata politisi partai NasDem Sulbar ini, segala yang berkaitan dengan budidaya kakao akan dirumuskan, termasuk bagaimana mengembangkan kakao pasca panen.

"Iyaaa dengan catatan legalitas edar dipermudah oleh balai POM ,dinkes dan MUI," pungkasnya.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network